Korea Selatan Setujui Pemakaian Vaksin COVID-19 Lansiran Moderna
Vaksin Moderna. (Wikimedia Commons/Airman 1st Class Anna Nolte ft. Zacharie Grossen)

Bagikan:

JAKARTA - Panel ahli medis Korea Selatan mengumumkan vaksin COVID-19 lansiran Moderna menujukkan kemanjuran dan keamanan, serta merekomendasikan penggunaannya, Jumat 21 Mei. 

Dalam peninjuaan yang dilakukan dua kali terhadap dua rejimen dosis penuuh vaksin Moderna, panel ahli menyimpulkan vaksin tersebut memenuhi syarat untuk semua orang dewasa.

Vaksi Moderna menjadi vaksin COVID-19 keempat yang disetujui Kementerian Keamanan Makanan dan Obat Korea Selatan, setelah sebelumnya vaksin lansiran AstraZeneca, Pfizer dan Johnson & Johnson.

Kementerian mengatakan, dua rejimen dosis penuh Moderna menunjukkan kemanjuran di antara semua orang dewasa. Peninjauan dilakukan panel atas uji klinis pada 28.207 peserta, melansir Korea Times Jumat 21 Mei.

Data menunjukkan bahwa vaksin tersebut memiliki kemanjuran 94,1 persen dalam mencegah COVID-19, dan lebih dari 86 persen pada mereka tanpa memandang usia atau penyakit yang mendasarinya.

Pemerintah Korea Selatan diketahui telah menandatangani kontrak dengan Moderna untuk memasok vaksin COVID-19 untuk 20 juta penduduk. Sejumlah dosis ditargetkan tiba sebelum Juni. 

Dengan persetujuan ini, kabar Samsung Biologics, unit biofarmasi Samsung Group untuk memroduksi vaksin Moderna di Korea Selatan pada Agustus mendatang, kian berhembus kencang. 

Sejumlah surat kabar lokal melaporkan, Samsung Biologics hampir menandatangani kontrak organisasi manufaktur kontrak (CMO), untuk memproduksi vaksin mRNA Moderna di pabrik di Songdo, sekitar 50 km barat daya Seoul.