Informasi Gempa Terkini: Dana Tunggu Hunian Korban Disalurkan Pemkab Mamuju
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi Duka menyerahkan DTH kepada sejumlah perwakilan kepala keluarga korban gempa di Desa Botteng (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dana Tunggu Hunian (DTH) untuk korban gempa mulai disalurkan Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi Duka menyerahkan bantuan DTH kepada sejumlah perwakilan kepala keluarga di Desa Botteng, Kecamatan Simboro Kepulauan, Jumat kemarin.

Ia mengatakan Pemkab Mamuju tidak akan menghalangi atau menahan DTH yang berasal dari pemerintah pusat itu untuk korban gempa di daerah setempat.

"Dana DTH telah masuk ke rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju dan langsung disalurkan kepada korban gempa," katanya dilansir Antara.

Pemkab Mamuju masih menunggu data desa dan kelurahan di daerah setempat yang belum rampung terkait dengan penyaluran DTH tersebut.

Ia menyebut 107 KK di Desa Botteng telah diberikan DTH dari pemerintah tersebut.

Dia mengharapkan seluruh desa yang memiliki warga yang rumahnya rusak akibat gempa segera mendapatkan bantuan itu.

"Semua kepala desa di lima wilayah kecamatan di Mamuju yang terdampak gempa, seharusnya dapat mencontoh Desa Botteng yang merampungkan data warganya yang berhak menerima bantuan gempa semoga bantuan yang diberikan dapat memulihkan kembali Kabupaten Mamuju dari bencana gempa," katanya.

Ia mengatakan selanjutnya rekening penerima DTH akan diterima pemerintah dan akan diberikan bantuan kepada korban gempa melalui rekeninnya selama tiga bulan berturut-turut.

Jaharuddin, salah seorang warga Desa Botteng, mengaku bahagia karena mulai disalurkan DTH tersebut.

Dia menyatakan akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan keluarganya yang kehilangan tempat tinggal.