Ketum PBNU Said Aqil Disebut Masuk dan Dibaptis di Gereja, Mari Cek Faktanya!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA -  Media sosial kembali dihebohkan dengan kabar terbaru Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj. Akun Facebook Putra Ksatria yang membagikan link video dengan narasi "BERITA TERBARU ~SAID AQIL DI BAPTIS ATAS NAMA YESUS DI GREJA~!!!NEWS TERKINI."

Video itu dibagikan pada Sabtu, 10 Mei hari ini. Hasil penelusuran sebagaimana dikutip dari medcom.id, link diambil dari unggahan YouTube, CYBER UMMAT.  Video berdurasi 13 menit 17 detik itu diunggah pada 13 April 2021. 

"Klaim bahwa video itu memperlihatkan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj dibaptis, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan kunjungan Said pascaledakan di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan," tulis Medcom dikutip hari ini. 

Berita tentang kunjungan Said Aqil ke Gereja Makassar juga dimuat oleh beberapa media nasional. Salah satunya adalah Rakyatku.com pada 17 April 2021. Menurut Said Aqil, kunjungan ke Gereja Katedral Makassar untuk mengucapkan belasungkawa. 

"Saya kesini semata-mata ingin bergabung menyampaikan duka atas terjadinya bom bunuh diri di gereja katedral minggu lalu," kata Said seperti dilansir Rakyatku.com, Minggu 11 April 2021.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. 

"Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional."