FBI Rilis Dokumen Rahasia Kematian Kurt Cobain Setelah 27 Tahun Berlalu
Kurt Cobain (Twitter @nirvana)

Bagikan:

MAKASSAR - Lebih dari 27 tahun setelah kematian Kurt Cobain, yang terjadi pada 5 April, musisi ikonik sekaligus frontman Nirvana itu kembali menjadi berita utama. Pasalnya, FBI kini merilis dokumen terkait meninggalnya sang legenda grunge.

Pada saat kematiannya, polisi mengatakan bahwa mereka mengira Cobain bunuh diri dengan senapan dan catatan ditemukan di samping tubuhnya. Namun, kasus tersebut telah melahirkan teori konspirasi yang tak terhitung jumlahnya pada tahun-tahun sesudahnya.

Dokumen yang baru dirilis pertama kali dilaporkan oleh Rolling Stone, meskipun mereka menulis bahwa tidak ada alasan yang diberikan terkait waktu rilis.

FBI secara berkala membuat beberapa informasi yang diarsipkan menjadi publik, terutama tentang politisi dan orang-orang yang pernah hidup di mata publik.

Hanya sepuluh halaman yang dirilis, tetapi ada banyak hal menarik di situ, berfokus pada dua surat.

Email tanpa subjek

Salah satu surat itu adalah email tanpa subjek yang dikirim ke kantor FBI di Seattle pada tahun 2013 yang mendesak penyelidikan.

"Siapa pun yang peduli, saya percaya ketidakadilan besar mungkin telah dilakukan dalam kasus Kurt Cobain," bunyinya.

"Kisah resmi dari departemen kepolisian Seattle adalah bahwa dia bunuh diri, namun ada banyak pertanyaan yang belum terjawab dan ketidakkonsistenan dengan ini."

Surat lainnya diketik, dicetak dan dikirim pada tahun 2007 dan menyatakan bahwa "pembunuhnya masih di luar sana dan sekarang, karena tergesa-gesanya departemen kepolisian, memiliki kesempatan untuk mengklaim kemenangan lain."

Dokumen tersebut juga menyertakan dua tanggapan identik dari FBI terhadap surat-surat tentang kematian Cobain pada tahun 2006.

"Surat Anda ... kepada FBI yang menyatakan keyakinan Anda bahwa Kurt Cobain dibunuh telah dirujuk ke saya untuk dijawab," kata mereka. "Kami menghargai keprihatinan Anda bahwa Tuan Cobain mungkin telah menjadi korban pembunuhan. Namun, sebagian besar penyelidikan pembunuhan umumnya berada dalam yurisdiksi pemerintah negara.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!