Ilmuwan Ungkap Hiu Manfaatkan Medan Magnet Bumi untuk Navigasi
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Hiu dikenal sebagai predator puncak yang ganas ternyata memiliki sesuatu yang cukup menarik perhatian. Para ilmuwan menemukan bukti bahwa hiu mengandalkan medan magnet Bumi untuk menempuh perjalanan jarak jauh melintasi lautan.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama di lakukan hewan laut. Adapula penyu laut yang telah lama dikenal mengandalkan tanda magnetis untuk menavigasi ribuan mil ke pantai tempat mereka ditetaskan.

Namun, hingga saat ini ilmuwan tersebut mengatakan belum diketahui bagaimana hiu berhasil menavigasi selama migrasi ke lokasi target mereka dengan sukses.

Mengutip Slashgear, Minggu 9 Mei, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology pada 6 Mei 2021 itu mendukung teori bahwa hiu menggunakan medan magnet Bumi untuk memandu jalan mereka. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa beberapa spesies hiu bermigrasi jarak jauh setiap tahun ke lokasi tertentu di planet ini.

Mereka juga mengidentifikasi jika hiu sensitif terhadap medan elektromagnetik. Kini, para ilmuwan menghadapi tantangan dengan menemukan cara untuk menguji teori hiu.

Ilmuwan dalam proyek tersebut menyatakan alasan mengapa pertanyaan itu menjadi misteri selama lebih dari lima dekade adalah karena hiu sulit dipelajari. Tim menggunakan spesies hiu lebih kecil yang diketahui kembali ke lokasi tertentu yang disebut bonnethead (Sphyrna tiburo).

Hiu bermigrasi ke muara yang sama setiap tahun, menunjukkan bahwa mereka tahu ke mana harus bernavigasi dari lokasi yang jauh. Para peneliti menggunakan eksperimen perpindahan magnet untuk menguji 20 hiu bonnethead remaja yang ditangkap di alam liar.

Mereka mengekspos hiu ke kondisi magnet yang mewakili lokasi yang berjarak ratusan kilometer dari tempat mereka ditangkap. Peneliti memperkirakan orientasi utara di medan magnet selatan dan orientasi selatan di medan magnet utara.

Diperkirakan tidak ada preferensi orientasi saat hiu dihadapkan pada medan magnet yang cocok dengan lokasi penangkapan mereka. Di samping itu, hiu bertindak persis seperti yang mereka prediksi ketika terpapar ke ladang dalam jangkauan alaminya.

Para peneliti mengatakan studi tersebut menunjukkan hiu memiliki kemampuan untuk menavigasi berdasarkan medan magnet, dan bidang tersebut dapat berkontribusi pada struktur populasi hiu.