Puan Maharani Minta Pemerintah Larang Mudik dengan Tegas dan Cukupi Pasokan Pangan
ILUSTRASI/RUANG PARIPURNA DPR (DOK VOI/DIAH AYU)

Bagikan:

MAKASSAR - Ketua DPR Puan Maharani meminta agar pemerintah menjalankan kebijakan terkait hari raya Idulfitri 1442 Hijriah dengan tegas. Khususnya mengenai pelarangan mudik.

Politikus PDIP itu menegaskan akan terus mengawasi kebijakan pemerintah. Puan meminta petugas bekerja dengan disiplin, tegas, namun humanis dan santun dalam menghadapi warga yang bersikeras ingin mudik.

Dia berharap masyarakat memahami pelarangan mudik dilakukan demi mencegah penularan COVID-19.

“Sehingga penerapan dan pengawasan di lapangan akan konsisten,” ujar Puan dalam paripurna pembukaan masa persidangan tahun sidang 2020-2021 di gedung DPR, Jakarta, Kamis,  6 Mei.

Selain itu, Puan juga meminta pemerintah memastikan ketersediaan dan kecukupan pasokan bahan makanan pokok di seluruh daerah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Stabilitas harganya juga harus dijaga sehingga masyarakat tidak semakin terbebani dengan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok,” kata Puan.

Singgung beberapa permasalahan dalam negeri

Dalam rapat paripurna, Puan juga menyinggung soal perkembangan terkini di beberapa kawasan India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tengah, yang sedang menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19. Terlebih ada kasus masuknya varian jenis baru mutasi virus tersebut ke Indonesia.

Disinggung juga peristiwa KRI Nanggala 402 yang harus menjadi introspeksi pemerintah untuk mempersiapkan sistem pertahanan negara yang andal, termasuk menjamin keamanan dan keselamatan prajurit dalam menjalankan tugas.

Puan juga mengingatkan langkah-langkah pemerintah dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI yang akan menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sesuai ketentuan UU yang berlaku.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!