Pengamat: Amien Rais Bisa Sekelas Gus Dur Secara Politik, Tapi Lebih Bijaksana Gus Dur
Deklarasi Partai Ummat (Tangkap layar Youtube Amien Rais)

Bagikan:

JAKARTA - Muncul anggapan bahwa Amien Rais berada pada posisi yang sekelas dengan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Amien merupakan pendiri Partai Ummat dan tokoh Muhammadiyah, sementara Gus Dur merupakan pendiri PKB dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menganggap Amien Rais bisa disejajarkan dengan Gus Dur. Dengan catatan, hal ini dilihat dari perspektif politik.

"Secara politik, bisa disebut sejajar. Selain kepartaian, Amien Rais punya catatan heroik dari aktivis hingga ketua MPR, demikian halnya Gusdur yang juga Presiden RI," kata Dedi kepada VOI, Sabtu, 1 Mei.

Tapi, bukan berarti memiliki kesetaraan seluruhnya. Dedi menganggap Amien Rais dan Gus Dur memiliki perbedaan ruang pengabdian dan corak ketokohan.

Dedi menganggap, Gus Dur masih lebih bijaksana dibanding Amien Rais dalam bersikap. Sebagai contoh, Gus Dur memilih melepaskan diri dari partai ketika berpolemik. 

Sementara, Amien Rais masih mencari cara lain ketika ia berpolemik dengan partai lamanya, PAN. Lalu, Amien mendirikan partai baru, Partai Ummat.

"Gus Dur masih lebih bijaksana untuk saat ini jika dibanding Amien Rais, di mana saat alami gejolak dengan PKB, ia memilih diam dan menyerahkan urusan politik pada generasinya," ujar Dedi. 

"Seharusnya Amien Rais sudah tidak perlu turun tangan dalam politik praktis. Malah justru ia belum juga mengakhiri karier politiknya dan mempercayakan pada generasi yang lebih muda," lanjutnya.

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Andriadi Achmad menganalogikan Amien Rais bak Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ditokohkan identik dengan ormas Islam terbesar Indonesia Nahdlatul Ulama (NU). 

"Jadi Amien Rais itu saya pikir tidak jelek. Dia (Amien, red) sekelas Gus dur loh. Maksudnya, dia tokoh Muhammadiyah, Gus Dur NU yang massa fanatismenya itu masih ada " jelas Andriadi.

Putri Presiden RI-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, tak mau berkomentar soal ketokohan Ketua Dewan Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais yang dianggap sekelas Gus Dur. 

Namun menurut pihaknya, publik tentu tahu mana tokoh-tokoh yang betul-betul dianggap sebagai figur teladan.

"No comment untuk masalah ini. Publik lebih paham mana yang lebih bisa dipercaya di antara tokoh-tokoh yang ada," ujar juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid kepada VOI.