<i>Cashback</i> 50 Persen untuk <i>Ojol</i> yang Beli BBM di Pertamina
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pertamina memberikan cashback sebesar 50 persen bagi ojek online (ojol) untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU dengan pembayaran melalui aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, program ini merupakan bantuan untuk meringankan beban hidup pengemudi ojol selama masa pandemi virus corona atau COVID-19. Apalagi, saat ini, masyarakat tak banyak beraktivitas di luar rumah, yang membuat penghasilan ojol menurun.

"Sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan ojol, Pertamina memberikan program khusus dalam pembelian BBM yang menggunakan aplikasi MyPertamina. Diharapkan, program yang berjalan 3 bulan ke depan ini juga bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojek online dalam menjalankan pekerjaannya,” kata Nicke dalam keterangannya, Selasa, 14 April.

Cashback yang bakal diberikan maksimal sebesar Rp15 ribu. Cashback ini bisa didapat oleh 10 ribu pengemudik ojol tiap harinya. Total cashback saldo yang akan diberikan Pertamina untuk keseluruhan program yang berjalan 3 bulan ini sebesar Rp13,5 miliar. 

Ilustrasi SPBU (Angga Nugraha/VOI)

Syaratnya, Nicke menjelaskan, ojol harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja. Kemudian, ojol melakukan pembelian BBM non subsidi yakni Pertalite dan Pertamax Series dengan pembayaran non tunai LinkAja yang ada di aplikasi MyPertamina.

Selanjutnya, pengemudi mesti merekam tangkap layar (screenshot) profil diri sebagai mitra ojol dan mengunggah (upload) ke MyPertamina (pilih banner "ojek online", lalu pilih "info lebih lanjut" dan "upload"). Kemudian, unggah screenshot bukti pembayaran BBM dengan LinkAja, dan masukkan nomor referensi (reference number).

"Program ini hanya berlaku di SPBU yang telah menyediakan fitur transaksi non tunai dengan LinkAja, yang daftarnya dapat dilihat di situs web Pertamina," tuturnya.