Arkeolog Yunani Temukan Patung Banteng Perunggu di Situs Olimpia Kuno
Ilustrasi Banteng perunggu Yunani Kuno. (Wikimedia Commons/Metropolitan Museum of Art)

Bagikan:

JAKARTA - Arkeolog Yunani secara kebetulan menemukan patung banteng perunggu berusia lebih dari 2.500 tahun di situs arkeologi Olympia, kata Kementerian Kebudayaan Yunani, Jumat 19 Maret melansir Reuters.

Pernyataan tersebut menerangkan, seorang arkeolog yang tengah melakukan penelitian di salah satu tempat suci terkenal di Yunani tersebut, menemukan patung ini. 

Dengan salah satu tanduknya mencuat dari tanah setelah hujan lebat, patung itu ditemukan utuh oleh arkeolog, dekat dengan kuil dewa Yunani kuno Zeus di Olympia, tempat kelahiran Olimpiade kuno. Temuan ini pun langsung dipindahkan ke laboratorium untuk keperluan konservasi. 

Para arkeolog percaya, patung ini adalah bagian dari ribuan hadiah yang dipersembahkan kepada Zeus kurun waktu 1.050-700 SM. Diketahui, banteng dan kuda memainkan peran penting dalam kehidupan orang Yunani kuno.

Melansir BBC, hewan seperti banteng dan kuda diyakni telah disembah selama periode tersebut, karena kedua hewan ini bagi kelangsungan hidup manusia.

 

"Seperti patung hewan dan manusia lainnya, banteng yang ditemukan di dekat kuil Zeus kemungkinan besar telah dipersembahkan oleh orang-orang percaya selama pengorbanan, yang akan menjelaskan bekas luka bakar dan sedimen yang dihilangkan selama pemurniannya," sebut Kementerian Kebudayaan Yunani.