PKB Belum Putuskan Gabung Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran Meski Sudah Beri Kode
Waketum PKB Jazilul Fawaid. Foto: Nailin/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan belum memutuskan untuk mengambil posisi menjadi oposisi atau bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Meskipun, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah memberi kode jika partainya ingin melanjutkan kerjasama dengan Prabowo. 

"Belum sampai di sana (oposisi atau koalisi). Jadi hari ini PKB mentradisikan kompetisi tidak boleh kemudian bercerai. Tapi kompetisi harus diakhiri dengan silaturahmi yang baik. Soal koalisi di dalam atau di luar nanti diputuskan," ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April. 

Jazilul pun membantah ada pembicaraan jatah kursi untuk PKB jika bergabung ke koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurutnya, pertemuan Prabowo dan Cak Imin hari ini hanya dalam rangka silaturahmi sekaligus menitipkan agenda perjuangan PKB kepada Prabowo.

"Yang jelas hari ini silaturahim sambil menitipkan visi perjuangan PKB," katanya. 

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan PKB ingin terus menjalin kerjasama dengan Partai Gerindra. Pernyataan itu dikatakan saat menerima kunjungan Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. 

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu, Cak Imin mengaku partainya ingin melanjutkan kerja sama politik baik di parlemen maupun di pemerintahan. Cak Imin pun memberikan selamat kepada Prabowo usai ditetapkan capres terpilih 2024-2029 oleh KPU.

"PKB dan Gerindra sebagai partai yang selama ini bekerja sama di parlemen maupun di eksekutif, ingin terus bekerja sama lebih produktif lagi. Apalagi Pak Prabowo Sebagai Presiden terpilih akan menghadapi berbagai agenda pembangunan yang begitu menantang di masa yang akan datang," ujar Cak Imin saat konferensi pers di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April.

Menurut Wakil Ketua DPR itu, kesuksesan pembangunan adalah kesuksesan yang diharapkan seluruh rakyat. "Dan PKB ingin rakyat tersenyum bahagia ke depan karena kemajuan dan kemakmuran," katanya.

"Karena itu kita berharap PKB dan Gerindra terus menjalin kerjasama dalam berbagai bidang legislatif maupun di berbagai ikhtiar mewujudkan suksesnya menuju masyarakat adil dan makmur tadi," sambung Cak Imin.