Kontak Tembak dengan TNI, 1 Anggota KKB Tewas di Distrik Sugapa Papua
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) meninggal dunia saat kontak tembak dengan TNI di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kontak tembak terjadi sekitar pukul 11.52 waktu setempat. Saat itu, sebanyak empat orang anggota KKB melakukan kontak tembak dengan tim Alap-alap 2 Dari Yonif Raider 715/MTL. 

"Telah terjadi kontak tembak antara Tim Alap-alap 2 dipimpin Ltd Inf Alif dari Yonif Raider 715/MTL dgn kelompok KSB pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 pukul 11.52 WIT di Kampung Puyagia, Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya," kata Suriastawa dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu, 6 Maret.

Dia mengatakan, empat anggota KKB tersebut diduga berasal dari kelompok OPM pimpinan Undianus Kogoya. Saat penyerangan terjadi, mereka juga diketahui membawa satu pucuk senjata. 

"Mereka bergerak dari arah Kampung Pesiga sedang menuju ke arah Kampung Kumbalagupa distrik Sugapa kabupaten Intan Jaya, kontak tembak dengan Tim dari YR 715," ungkapnya.

Saat peristiwa tembak menembak terjadi, dua dari empat orang anggota KKB ini berhasil ditembak anggota TNI. Satu orang meninggal dunia sementara seorang yang tertembak ini berhasil melarikan diri. 

"KSB lain kabur membawa senjata," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Suriastawa mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui identitas anggota KKB yang tertembak. Bahkan, warga setempat mengaku tak mengetahui identitas anggota KKB itu. 

"Tidak ada korban dari TNI. Saat ini sedang dilakukan pengurusan jenazah KSB dengan warga Kampunv Sonetapa distrik Sugapa kabupaten Intan Jaya," pungkasnya.