Joe Biden Tegaskan Dukungan yang Kuat untuk Israel Usai Diserang Iran
Presiden AS Joe Biden. (ANTARA/Anadolu)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden AS, Joe Biden menegaskan kembali dukungannya terhadap Israel melalui panggilan telepon dengan Netanyahu di tengah laporan bahwa ia juga menentang serangan balik terhadap Iran.

Presiden AS Joe Biden mengutuk serangan pesawat tak berawak Iran terhadap fasilitas militer di Israel, menegaskan kembali dukungan “kuat” Washington DC dan tanggapan diplomatik Kelompok Tujuh (G7) yang terkoordinasi, bahkan ketika laporan mulai bermunculan bahwa ia juga berupaya melakukan deeskalasi. situasi.

Biden mempersingkat perjalanan ke Delaware dan kembali ke ibu kota AS untuk bertemu para penasihat setelah serangan Sabtu malam itu, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu mengatakan bahwa pasukan dan fasilitas AS tidak terkena serangan, dan menambahkan bahwa AS membantu Israel dalam menjatuhkan “hampir semua” drone dan rudal yang menyerang.

Presiden AS juga menegaskan kembali dukungan “sangat kuat” terhadap keamanan Israel dalam percakapan telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang memiliki hubungan tegang dengannya terkait cara Israel menangani perang di Gaza.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel,” Gedung Putih mengutip pernyataan Biden.

“Besok, saya akan mengumpulkan rekan-rekan pemimpin G7 untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan Iran yang kurang ajar,” katanya.

Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan rudal ke Israel pada Sabtu malam dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel, sebuah serangan balasan yang meningkatkan ancaman konflik regional yang lebih luas.

Teheran telah berjanji untuk membalas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan Iran pekan lalu di Damaskus yang menewaskan seorang komandan senior Pasukan Quds di luar negeri Korps Garda Revolusi Iran dan enam perwira lainnya.

Terkait