Tak Ada Drone Iran yang Bisa Sentuh Israel, Kata Joe Biden
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Foto via @netanyahu)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden AS Joe Biden bilang, hampir semua drone dan rudal yang diluncurkan dari Iran berhasil dicegat sekutu. Serangan Iran --sejauh ini-- terbukti tak bisa menyentuh Israel.

Dari Gedung Putih, Biden juga bilang Iran dibantu oleh pasukan proksinya di Yaman, Suriah dan Irak.

"Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir. Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk," kata Biden dikutip dari The Guardian, Minggu 14 April.

Biden mengatakan kembali komitmen “kuat” Amerika terhadap Israel dalam pembicaraan teleponnya dengan Benjamin Netanyahu.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas yang luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan-serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel," ucap dia dikutip dari The Times of Israel.

AS membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang ditembakkan ke Israel. AS menggunakan pertahanan dan pesawat yang dipindahkan ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir.

Iran meluncurkan sekitar 185 drone, 110 rudal permukaan-ke-permukaan, dan 36 rudal jelajah ke Israel, kata dua pejabat Israel kepada The New York Times.

Meskipun sebagian besar diluncurkan dari Iran, beberapa juga berasal dari Irak dan Yaman, menurut para pejabat. Presiden AS Joe Biden mengatakan rudal datang dari Suriah, Yaman, dan Irak.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram