Buat Mereka, Mudik Gratis Adalah Berkah Tak Terkira: Bisa Hemat Rp1 Juta
Foto via Pemprov Jawa Tengah

Bagikan:

JAKARTA - Rasa syukur tak terkira terpancar dari wajah Amron Riyadi, difabel tuna netra, peserta Mudik Lebaran Gratis Tahun 2024 dengan moda kereta api (KA), yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dia diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta, Minggu 7 April kemarin.

“Mudah-mudahan tetap ada (program mudik gratis Pemprov Jateng) dan dipermudah buat disabilitas,” tutur Amron, ditemui di gerbong 8 KA Jaka Tingkir jurusan Pasar Senen-Purwosari Solo di Stasiun Pasar Senen.

Bagi Amron yang difabel, pelayanan mudik gratis perjalanan KA sangat membantu masyarakat seperti dirinya. Selain juga, dia dan keluarganya bisa menghemat pengeluaran.

“Saya bisa hemat tiket. Hemat hingga Rp1 juta-Rp1,5 juta. Saya di Jakarta kerja urut (tukang pijat urut) dan buka warung sembako kecil-kecilan,” ungkapnya, dilansir dari situs Pemprov Jateng.

Peserta mudik KA lain, Sunarsih mengaku, suaminya yang kesehariannya di Jakarta bekerja sebagai tukang ojek online (Ojol), sangat beruntung bisa mengikuti program mudik gratis KA ini.

“Kalau tidak ikut mudik gratis, bisa mengeluarkan uang Rp1 juta untuk mudik saja. Suami jadi tukang ojek online, saya kerja di pabrik,” tutur perempuan yang naik KA tujuan Stasiun Purwosari, yang kemudian melanjutkan perjalanan ke Sragen.

Dengan mudik gratis, Sunarsih bisa menggunakan uangnya untuk diberikan kepada orang tua, dan keperluan sehari-hari selama di kampung halamannya di Kabupaten Sragen.

“Terima kasih banget ada mudik gratis. Bisa pulang kampung, bisa senang,” ucap Sunarsih.

Peserta mudik KA Niti Nurmawati (25) tujuan Kebumen, tidak menyangka akan bisa mudik gratis menggunakan KA. Hal itu telah didambakannya sejak lama. Sebagai pekerja informal, dia pun sangat terbantu program mudik gratis.

“Sangat membantu kami para perantau pekerja informal. Kalau tidak ikut mudik gratis, harga tiket bisa Rp300 ribu. Ikut mudik gratis tidak keluarkan biaya. Kalau mepet lebaran, harga tiket bisa naik dua kali lipat,” kata Niti.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melepas Mudik Gratis dengan KA, dari Stasiun Pasar Senen Jakarta, Minggu (7/4/2024) siang. Di Stasiun Pasar Senen, ratusan orang yang bersiap melakukan perjalanan mudik, tampak membawa barang bawaan dengan keluarganya.

Sebelum melepas pemudik, Nana memasuki salah satu gerbong KA Jaka Tingkir untuk menyapa sejumlah peserta mudik dan membagikan bingkisan kepada mereka. Nana berpesan kepada peserta mudik KA, untuk tetap berhati-hati sepanjang perjalanan.