Bagaimana Nasib Mattoanging Usai Nurdin Abdullah Ditahan KPK? Danny Pomanto Usul Stadion Baru di Barombong
Stadion Mattoanging Makassar dalam tahap proyek renovasi (DOK. Humas Pemprov Sulsel)

Bagikan:

MAKASSAR - Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Makassar yang sebelumnya jadi perhatian Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah kini kembali diperbincangkan. 

Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) mengaku tak menganulir renovasi Mattoanging setelah Nurdin Abdullah ditahan KPK karena kasus dugaan korupsi. 

"Jadi begini, saya tidak pernah menganulir idenya orang, termasuk ide stadion, silakan bangun stadion," kata Danny Pomanto, kepada wartawan, Rabu, 3 Maret.

Dia menegaskan tak ada maksud pembatalan renovasi Stadion Mattoanging. Dulu, Nurdin Abdullah pernah menjanjikan anggaran mencapai Rp1 triliun untuk renovasi total Mattoanging. Tapi Danny Pomanto memberi catatan soal renovasi.

"Tapi (seharrusnya pembangunan, red) di tempat yang izin perekuntukannya sesui tata ruang. Saya tidak batalkan ide itu, yang saya mau adalah, cari tempat yang sesuai tata ruang dan itu di Barombong. Kalau mau bangun di sampingnya Stadion Barombong, jadi ada dua stadion tidak apa-apa," kata Danny Pomanto.

Masyarakat khususnya pecinta bola di Makassar berharap pembangunan stadion Mattoanging dipercepat. Namun Danny Pomanto menyebut pembangunan stadion bisa dilalukan sesuai aturan tapi harus dekat stadion Barombong.

"Silakan bangun di Barombong, yang penting sesuai tempatnya. Yah, karena masyarakat tidak ngerti, kalau (renovasi Mattoanging) itu selesai, dan mengakibatkan macet, masyarakat juga yang kena dampaknya. Saya tahu ini barang karena saya perencana kota," sambungnya.

Sebelumnya, bangunan lama Stadion Mattoanging dibongkar dan sudah rata dengan tanah untuk tahap lanjutan proyek renovasi. Pembongkaran bangunan lama Stadion Mattoanging langsung dipimpin Nurdin Abdullah beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah berbicara soal pembangunan ulang Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar. Setelah rampung, Stadion Mattoanging diyakini berdampak positif terhadap ekonomi Sulsel.

"Bayangkan kalau ada event nasional, kejuaraan Presiden, Liga, tambah lagi FIFA juga main di sini, hotel pada penuh. Kalau hotel penuh, restoran juga penuh, itulah efek yang kita akan rasakan nanti," ujar Nurdin Abdullah dalam sambutannya pada Focus Group Discussion (FGD) pembangunan Stadion Mattoanging Makassar, Rabu, 18 November 2020. 

Semua pihak sambung Gubernur Nurdin diharapkan mendukung proses pembangunan Stadion Mattoanging. Target pembangunan ulang stadion ini diharapkan rampung dalam waktu 18 bulan.

"Tugas kita adalah bagaimana kita sukseskan, dalam waktu dekat kita akan lelang pembongkaran, selesai dalam bulan ini. Setelah itu kita akan lelang untuk lakukan pembangunan fisik, mudah-mudahan 18 bulan ke depan bisa kita nikmati," tuturnya.

Bila pembangunan Stadion Mattoanging rampung, maka stadion ini menambah daya dorong pertumbuhan ekonomi Sulsel. Apalagi kondisi ekonomi saat ini terdampak negatif akibat pandemi COVID-19.

"Yang kedua, kita selalu berharap stadion ini selesai, bertambah lagi satu fasilitas kita dan yang akan mendorong pemulihan ekonomi,”imbuhnya.