Sempat Meleset, BMKG Prediksi Jabodetabek Hujan Siang Ini
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geogisika (BMKG) merilis perkembangan predikis cuaca di Jakarta dan sekitarnya hari ini. Sampai siang nanti, cuaca diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat.

"Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 2 Maret 2021 berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 10.05 WIB," demikian dikutip dari laman BMKG, Selasa, 2 Maret.

Prediksi hujan ini akan berlangsung sampai pukul 13.00 WIB. Suhu berada antara 24 sampai 28 derajat celsius dengan kelembaban udara 85 sampai 95 persen.

Prakiraan cuaca BMKG sempat meleset karena menyebutkan cuaca di berbagai wilayah di DKI Jakarta mayoritas cerah berawan dan berawan. Melansir Antara, bahwa seluruh wilayah di Jakarta pada pagi hari diprakirakan cerah berawan.

Hujan baru terjadi pada siang hari, yakni hujan ringan di Jakarta Selatan, sementara Jakarta Timur diperkirakan berawan dan selebihnya cerah berawan.

Memasuki malam hari, cuaca cerah berawan diprediksi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, sedangkan dua wilayah lainnya, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan. Sementara pada Rabu, 3 Maret dini hari, seluruh wilayah Jakarta diprediksi berawan.

Untuk prakiraan cuaca yang dimutakhirkan, Sampai siang nanti, cuaca diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat.

Adapun wilayah yang akan mengalami hujan sedang hingga lebat di Kota Jakarta Pusat adalah Kemayoran, Gambir, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang, dan Johar Baru.

Prediksi hujan di Kota Jakarta Timur meliputi Pulogadung dan Matraman. Kota Jakarta Utara meliputi Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Kelapa Gading. Kota Jakarta Barat meliputi Palmerah. Kota Jakarta Selatan meliputi Kebayoran Lama.

Sementara, hujan di Kota Tangerang meliputi Ciledug, Tangerang, Cibodas, Cipondoh, Karawaci, Pinang, dan Karang Tengah. Kabupaten Tangerang meliputi Legok, Pagedangan, dan Kelapa Dua. Kota Tangerang Selatan meliputu Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, dan sekitarnya.

Hujan hingga siang nanti juga diprediksi meluas ke sejumlah wilayah. Kota Jakarta Barat meliputi Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, dan Kembangan.

Lalu, meluasnya hujan di Jakarta Pusat berada di Sawah Besar. Kota Jakarta Utara meliputi Penjaringan dan Pademangan.

Kota Jakarta Selatan meliputi Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Jagakarsa, dan Pesanggrahan. Kota Jakarta Timur meliputi Jatinegara, Cakung, Kramatjati, Pasar Rebo, Duren Sawit, Makasar, Ciracas dan Cipayung.

Kemudian, Kota Tangerang meliputi Batuceper, Benda, Neglasari, Jatiuwung, Periuk, dan Larangan. Kabupaten Bogor meliputi Parung Panjang. Kabupaten Bekasi meliputi Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambun Utara, Cabangbungin, dan Muaragembong.

Meluasnya hujan di Kota Bekasi meliputi Bekasi Barat, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Medan Satria, Pondok Gede, Jatiasih, dan Pondok Melati.

Kota Depok melipuri Cinere. Kota Tangerang Selatan meliputi Setu, Ciputat, Ciputat Timur, dan Pamulang.

Kabupaten Tangerang meliputi Mauk, Kronjo, Sukadiri, Kemiri, Cisauk, Rajeg, Pasar Kemis, Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Curug, Cikupa, Panongan, Sindang Jaya, dan sekitarnya.