Hadiri KTT Asean-Australia, Ini yang Bakal Dibahas Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo dalam lawatan ke luar negeri di Bandara Halim (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Australia pada hari ini, Senin, 4 Maret. Ia akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-Australia.

"KTT ini untuk memperingati 50 tahun kemitraan Asean dan Australia, tema yang diangkat adalah partnership for future," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers sebelum melaksanakan lawatannya di Halim Perdanakusuma, Senin, 4 Maret.

Ada beberapa hal yang bakal dibahas di sana, sambung Jokowi, di antaranya membangun kemitraan yang optimal antara Asean-Australia. Sehingga, kawasan Indopasifik yang damai, adil, dan makmur bisa terwujud.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan memanfaatkan momen ini untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang mulai dari ekonomi hingga hukum.

"Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten. Termasuk dalam isu Palestina," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyebut akan melakukan pertemuan bilateral dalam lawatan ke Australia. Ia akan kembali ke Tanah Air pada Rabu, 6 Maret mendatang.

"Saya juga berencana untuk (melakukan, red) pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Perdana Menteri Selandia Baru, dan Kamboja," pungkas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.