Gempa Bali Terasa Hingga Lombok, Ini Penjelasan BMKG
DOK BMKG/Lokasi gempa Kuta Selatan Bali

Bagikan:

DENPASAR - Gempa bumi di Kuta Selatan Bali terasa getarannya hingga ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa Bali ini bermagnitudo 4,8.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8, berlokasi di laut pada jarak 55 km tenggara Kuta Selatan, Bali, pada kedalaman 101 km," kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali, Cahyo Nugroho, Kamis, 25 Januari.

Gempa Bali merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi mendatar atau oblique thrust fault.

Sementara, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah.

 

Kemudian, di wilayah Kuta, Kuta Selatan, Tabanan, Klungkung, Bangli, Gianyar, Karangasem, Denpasar, getaran dirasakan oleh beberapa orang.

Selanjutnya, di wilayah Lombok Utara, Sumbawa Barat getaran juga dirasakan.

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.