Fadli Zon Puji Menlu Retno yang Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di Debat PBB
Menlu Retno Marsudi menyampaikan pernyataan Indonesia dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, AS, pada Selasa (23/1/2024) waktu setempat. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon, memuji langkah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang walk out atau keluar saat Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB, Gilad Erdan, berpidato di debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York. 

"Saya apresiasi sekali langkah Menlu Retno," ujar Fadli Zon kepada wartawan, Kamis, 25 Januari.

Menurut Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) ini, langkah Retno yang mewakili pemerintah Republik Indonesia di forum internasional itu sejalan dengan sikap rakyat terkait perjuangan kemerdekaan Palestina. Sikap tersebut, kata Fadli, juga sejalan dengan DPR RI. 

"Sikap itu sejalan dengan sikap rakyat Indonesia yang mengecam genosida, kebiadaban, dan penjajahan Israel atas Palestina. Sikap itu juga sama dengan sikap parlemen Indonesia," kata Fadli.

Diketahui, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan walk out atau keluar dari ruangan ketika Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Gilad Erdan berbicara dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB terkait Palestina.

“Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar ruangan saat watap (wakil tetap) Israel menyampaikan pernyataannya,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal, melalui pesan singkat dikutip ANTARA, Kamis 25 Januari.

Walk out, kata Lalu, dilakukan Menlu Retno karena Dubes Israel juga tidak berada di ruangan saat delegasi Indonesia dan sejumlah negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyampaikan pernyataan dalam pertemuan itu.

“Sebaliknya, delegasi Indonesia dan sejumlah negara OKI juga tidak berada di ruangan saat watap Israel menyampaikan pernyataan,” tutur Iqbal.