Provinsi Sulawesi Barat Terima Belasan Penghargaan
Pemerintah Sulbar menerima penghargaan Award Asosiasi Big Data Dan AI (ABDI) (foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) meraih 17 penghargaan dari berbagai instansi pemerintah di tingkat pusat atas keberhasilan melaksanakan sejumlah program pembangunan.

Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh di Mamuju, Sabtu, mengatakan penghargaan itu diraih pemerintah Sulbar dari berbagai instansi pemerintah ditingkat pusat.

Ia merinci, berbagai penghargaan tersebut di antaranya transformasi pembelajaran, perencanaan berbasis data dan implementasi kurikulum merdeka mengajar sebagai program sekolah penggerak yang diberikan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Penghargaan lainnya adalah Indonesian Awards dari Inews Media Group kategori Excellent Awards for Strategic Initiative Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan di perusahaan media Inews Tower.

Selanjutnya, penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Pemprov Sulbar sebagai pemerintah di daerah yang telah berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) melalui aplikasi Srikandi pada seluruh organisasi perangkat daerah di daerah itu.

"Kami juga mendapat penghargaan sebagai tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) terbaik II wilayah Sulawesi, kemudian, penghargaan dari Direktur Utama LARS DHP dr.R. Heru Ariyadi, atas pemenuhan standar layanan kesehatan di Sulbar," katanya dikutip Antara, Minggu.

Ia mengatakan penghargaan lainnya atas percepatan pengembangan kawasan transmigrasi Sulbar dari Kemendes PDTT, penghargaan dari Kementerian Kominfo sebagai instansi terbaik kedua dalam pemanfaatan srikandi tingkat pemerintah provinsi tahun 2023.

"Kemudian penghargaan pembinaan program kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional Tahun 2023 dan penghargaan insentif fiskal pengendalian inflasi daerah, serta penghargaan sebagai KIM Inspiratif pada Kim Festival di Surabaya," katanya.

Selain itu, penghargaan sebagai provinsi tercepat menurunkan kemiskinan ekstrem tercepat di Pulau Sulawesi, serta mendapatkan sertifikasi penghargaan Tiga Warisan Budaya Sulbar.

Kemudian, penghargaan Award Asosiasi Big Data Dan AI (ABDI) atas capaian Pemprov Sulbar mendorong Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia menuju era digitalisasi.

Serta penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI atas sinergi layanan kesehatan dan pengendalian penyakit menular bagi warga binaan di Lapas, Rutan, di lingkungan Kemenkumham Sulbar.

Gubernur mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh pemangku kepentingan di Sulbar karena telah memberikan sejumlah prestasi membuat penghargaan terus dicapai pemerintah Sulbar.

Ia berharap, dengan penghargaan tersebut, pejabat pemerintah di Sulbar terus termotivasi dalam berkarya dan berinovasi untuk mensejahterakan dan membahagiakan masyarakat Sulbar.

"OPD di Sulbar diminta tetap berkarya dan berinovasi serta bersinergi dengan pihak terkait untuk mencapai prestasi pembangunan dan untuk mengatasi lima permasalahan pembangunan Sulbar, yakni 'stunting', kemiskinan, perkawinan anak, anak putus sekolah dan inflasi," katanya.