3 Aplikasi IG Downloader Terbaik dan Gratis
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Instagram menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar setiap bulannya, dan terus bertambah. Bahkan, meski ada beberapa platform jejaring sosial baru yang bermunculan, tampaknya tidak berhasil menggeser Instagram sebagai aplikasi social media favorit di dunia maya.

Salah satu alasannya adalah karena kemudahan fiturnya untuk berbagi foto dan video kepada sesama pengguna.

Nah, berkat kepopulerannya, makin banyak pula aplikasi pihak ketiga yang dibuat untuk mendukung pengguna memaksimalkan fitur yang ada di Instagram, termasuk IG downloader. Aplikasi ini berfungsi untuk mengunduh foto dan video Instagram supaya bisa disimpan atau dibagikan di platform jejaring media sosial lainnya.

Mengapa Anda Harus Pilih IG downloader yang Tepat?

Well, karena aplikasi IG downloader di luar sangat banyak, Anda harus pintar-pintar memilih mana aplikasi yang paling pas untuk diinstal di perangkat Anda. Alih-alih membantu, salah pilih aplikasi bisa berakibat fatal, bahkan berisiko pada keamanan akun Instagram, lho.

1. Kompatibilitas

Alasan pertama yang harus menjadi pertimbangan saat memilih aplikasi IG downloader adalah kompatibilitas. Jangan sampai Anda mengunduh aplikasi yang tidak sesuai atau tidak bisa digunakan di perangkat yang Anda miliki. Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi yang kompatibel dengan beragam sistem operasi Android maupun iOS.

2. Keamanan

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus memilih aplikasi IG downloader yang tepat adalah soal keamanan. Aplikasi tersebut haruslah aman dan tepercaya. Cara termudah dengan melihat rating dari pengguna lain sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Hal ini karena beberapa aplikasi ditemukan melanggar ketentuan layanan Instagram, bahkan memuat virus dan malware. So, hati-hati dalam memilih aplikasi, ya.

3. Kemudahan

Memilih IG downloader yang memiliki kemudahan dalam penggunaan sangatlah penting. Aplikasi yang memiliki user-interface yang sederhana dan mudah dioperasikan tentu menjadi nilai plus dibandingkan aplikasi yang fiturnya terlalu ribet. Ini bisa menghemat waktu untuk mengunduh konten di dunia maya.

Inilah 3 Aplikasi IG downloader Terbaik dan Gratis!

1. SnapInsta

Bisa dibilang, aplikasi ini adalah paket kompletnya IG downloader. Snapinsta.app memiliki fitur lengkap yang memudahkan Anda untuk mengunduh berbagai konten Instagram seperti foto, video, Instagram reels, IGTV, juga story.

Dengan user-interface yang sederhana, Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kesulitan. SnapInsta memiliki fitur unduh yang praktis, kadi Anda bisa menyimpan foto atau video dalam jumlah banyak sekaligus.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyimpan konten dengan kualitas gambar atau video terbaik, yakni dengan mempertahankan kualitas resolusi asli foto atau video yang diunggah. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup salin-tempel tautan URL media yang ingin diunduh ke dalam kotak pada aplikasi SnapInsta.

SnapInsta juga memiliki tingkat keamanan yang baik, yang memudahkan pengguna untuk memanfaatkan fitur yang ada tanpa harus mendaftar atau login. Jadi, privasi akun Anda tetap terjaga, ya.

Keunggulan lain dari SnapInsta adalah bisa digunakan pada platform apa pun, dari mulai Android, iOS, komputer Windows, sampai perangkat berbasis Mac dan yang paling utama, aplikasi ini gratis!

2. Inflact

Aplikasi IG downloader yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah Inflact. Aplikasi ini memiliki fitur yang mudah digunakan, serta bisa mengunduh berbagai konten menarik dari instagram hanya dengan sekali klik.

Anda bisa menggunakan Inflact di berbagai perangkat dengan sistem operasi yang kompatibel seperti Android, iOS, komputer Windows, Mac, sampai Linux. Aplikasi IG downloader yang satu ini bisa diakses secara gratis, dan bisa digunakan untuk mengunduh foto, story, video, reels, serta IGTV.

Inflact tidak memiliki batasan untuk mengunduh konten Instagram. Artinya, Anda bisa menyimpan konten sebanyak apa pun dengan tingkat keamanan yang baik. Ini karena Inflact tidak memerlukan login pengguna untuk mulai memanfaatkan fitur yang ada.

Namun sayangnya, jika Anda ingin menyimpan foto atau video dari sebuah profil pengguna sekaligus, Anda harus membayar biaya langganan senilai 7 dolar AS per bulan untuk 3 profil, 19 dolar AS per bulan untuk 10 profil, dan 99 dolar AS per bulan untuk 100 profil.

Selain itu, Inflact hanya bisa mengunduh video dengan format MP4, tanpa ada pilihan resolusi untuk kualitas video yang disimpan.

3. FastSave

FastSave merupakan salah satu IG downloader yang cukup populer di kalangan pengguna. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengunduh berbagai konten Instagram seperti story, reels, IGTV, juga foto. Tak hanya itu, tampaknya FastSave juga bisa digunakan untuk mengunduh konten media dari platform media sosial lainnya seperti Facebook, TikTok, dan sebagainya.

Kualitas hasil konten yang diunduh pun cukup menjanjikan, yakni dalam format HD. Interface-nya juga cukup mudah dan user-friendly, serta tidak memerlukan login untuk memanfaatkan fitur yang tersedia. Pengguna bisa memakai aplikasi FastSave dengan mudah, cepat, dan praktis. Selain itu, Anda juga bisa memilih kualitas video yang ingin disimpan.

Aplikasi FastSave juga sering digunakan untuk membagi ulang konten dari Instagram, karena aplikasi ini tidak meninggalkan jejak alias watermark. Namun sayangnya, FastSave hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel pintar Android. Selain itu, aplikasi ini cukup menyita daya baterai yang membuatnya cepat habis.

Aplikasi IG downloader Terbaik

Dari banyaknya aplikasi IG downloader yang ada, manakah yang paling baik? Well, jawabannya adalah none-size-fits-all. Pilihan aplikasi tergantung pada preferensi pengguna.

Hanya saja, ada fitur-fitur yang bisa dijadikan acuan untuk menimbang mana aplikasi yang paling cocok untuk digunakan, baik dari segi kompatibilitas, reliabilitas, ataupun keamanannya. Yang terpenting adalah memilih aplikasi yang 100 persen aman, terpercaya, serta mudah digunakan.