Libur Imlek, Hunian Kamar Hotel di Parapat dan Berastagi Sumut Capai 90 Persen
Kawasan wisata Parapat, Sumut (DOK. ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Tingkat hunian kamar hotel berbintang di daerah tujuan wisata Parapat dan Berastagi Sumatera Utara di libur Imlek rata-rata 80-90 persen.

"Alhamdulillah, pada Jumat malam hunian kamar di  hotel Inna Parapat Hotel sudah mendekati 90 persen, persisnya 88,25 persen, "ujar Marketing Manager Inna Parapat Hotel, Zoelfitri dikutip Antara, Jumat, 12 Februari.

Jumlah kamar yang tersedia di hotel Inna Parapat Hotel ada 94. Tingkat hunian kamar hotel pada Jumat malam, kata Zoelfitri, bahkan tercatat tertinggi sejak awal Januari yang rata-rata 68,56 persen.

"Ada prediksi bisa naik lagi Sabtu malam. Namun meski pesanan kamar banyak, manajemen Inna Parapat Hotel tetap ketat menjalankan prokes (protokol kesehatan)," katanya.

Inna Parapat misalnya, sambung Zoelfitri, hanya menyiapkan makan malam Imlek untuk tamu di dalam kamar.

"Tidak ada acara makan malam bersama seperti lazimnya paket kamar yang dijual saat Imlek," ujar Zoelfitri.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana menyebutkan, sejak pandemi COVID-19 Februari 2020, hunian hotel anjlok.

Hanya saat libur hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal/tahun baru dan Imlek 2021 yang mengalami peningkatan hunian.

Selain di Parapat, katanya, pesanan kamar hotel di Berastagi juga meningkat dengan rata-rata mencapai sekitar 80-90 persen.

Meski begitu, kata Denny, manajemen hotel tidak bisa maksimal mendapatkan keuntungan karena tetap ketat melaksanakan prokes.