Waspada, Jakarta Mulai Masuk Fase Transisi Musim Kemarau ke Hujan
Ilustrasi kota Jakarta/ Foto: Bitor Ekin Putra

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan, sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan termasuk di Jakarta.

"Saat ini (di wilayah Jakarta dalam) fase transisi dari musim kemarau ke musim hujan," kata Dwikorita Karnawati kepada VOI, Selasa, 7 November.

Dwikorita mengatakan, prakiraan cuaca di wilayah Jabodetabek bervariasi. Wilayah Jakarta bagian Tengah ke Utara terjadi pada dasarian III (akhir) bulan Desember - dasarian I (awal) bulan Januari 2024.

"Prakiraan awal musim hujan di wilayah DKI bagian Timur termasuk Bekasi dan sekitarnya, diperkirakan awal musim hujan terjadi mulai periode dasarian III (akhir) bulan November - dasarian I (awal) bulan Desember," ujarnya.

Sementara prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek bagian Selatan seperti Bogor, Depok termasuk Jakarta Selatan dan sekitarnya diprediksi mulai masuk musim hujan di periode dasarian (sepuluh harian) ke II bulan November.

"Prakiraan cuaca di wilayah Tanggerang bagian Utara periode dasarian III bulan Desember dan Tanggerang bagian Selatan periode dasarian II bulan November," katanya.

Dwikorita mengatakan, prediksi prakiraan cuaca tersebut akan terus dipantau dan akan di update oleh pihaknya.

"Kita akan update prediksi cuaca harian Jabodetabek 3-10 hari ke depan berdasarkan analisis dan data terbaru," katanya.