1 Jam Hujan Deras di Bogor, Puluhan Rumah Rusak dan Tiang Listrik Roboh Tutupi Jalan
Tiang listrik nyaris roboh di Jalan Raya Ciomas, Kabupaten Bogor (dok BPBD)

Bagikan:

BOGOR - Bogor dan sekitarnya kembali dikepung bencana akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang pada Selasa, 31 Oktober 2023. Akibat cuaca ekstrem dengan durasi satu jam puluhan rumah rusak, tiang listrik tutupi tutupi jalan

Wilayah Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang pada Selasa sore sekitar pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Akibatnya, puluhan rumah rusak terjadi di wilayah Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Tak cuma itu, tiang listrik tepat di depan kantor Kecamatan Ciomas, Bogor, pun tumbang dan menutup jalan raya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Ade Hasrat membenarkan kejadian tersebut.

Ia mengatakan bahwa sedikitnya ada 42 rumah yang terdampak dan alami kerusakan akibat hujan angin tersebut.

Ade menjelaskan bahwa tidak hanya ada rumah-rumah yang rusak terdampak hujan angin, beberapa pohon dan tiang listrik juga ikut tumbang dan menimpa beberapa material.

bencana bogor
Rumah rusak diterjang hujan deras di Bogor (dok BPBD)

"Desa yang terdampak berdasarkan laporan awal di wilayah Kecamatan Ciomas ada Desa Ciapus 10 rumah rusak dan 4 pohon tumbang," kata Ade pada Selasa malam.

"Di Desa Pagelaran, Ciomas terdapat 15 Rumah rusak, selanjutnya di Ciomas Rahayu juga terdapat 17 Rumah rusak,"tambahnya.

2 Pohon tumbang juga terjadi di Kelurahan Padasuka dan merusak 5 unit rumah milik warga. Tidak hanya itu hujan angin juga merusak kantor Kecamatan Ciomas hingga akibatkan tiang listrik di bahu jalan hampir roboh.

Ade menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan penanganan dan belum dilakukan asesmen guna mengetahui korban-korban yang terdampak hingga Rabu dini hari.