Pangdam Udayana Sebut TNI Siap Bantu Polri Amankan Ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika
Ajang balapan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). (dok. MotoGP)

Bagikan:

MATARAM - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi menyatakan TNI siap mendukung Polri mengamankan balapan MotoGP 2023 yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pada intinya, berapa pun mereka (Polri) membutuhkan personel untuk keamanan, apa pun yang mereka perlukan, TNI akan siap membantu," kata Mayjen TNI Harfendi di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa 5 September, disitat Antara.

Dalam mendukung pengamanan ajang balap kelas internasional tersebut, Harfendi mengaku bahwa dirinya sudah mendapatkan permintaan bantuan dari Kapolda NTB Irjen Pol. Djoko Poerwanto.

"Jadi, keberhasilan acara ini juga akan membawa nama baik negara kita. Tentu atas permintaan dari Kapolda NTB itu sudah kami siapkan," ujarnya.

Terkait dengan jumlah personel yang akan terlibat dalam pengamanan MotoGP, Harfendi mengatakan bahwa hal tersebut belum ada penetapan jumlah pasti.

"Untuk jumlahnya, nanti itu akan fleksibel sifatnya, bisa berkurang atau bertambah sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Begitu juga dengan alutsista. Yang jelas apa yang dibutuhkan akan kami siapkan," ucap dia.

Perhelatan MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika dijadwalkan berlangsung pada tanggal 13—15 Oktober 2023.