Agustus 2023, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi dan Prabowo Kedua
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menhan Prabowo Subianto (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Elektabilitas atau tingkat keterpilihan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki peringkat tertinggi sebagai bakal calon presiden (Capres) untuk Pilpres 2024.

Hasil ini terpotret dalam survei terbaru Litbang Kompas yang dilakukan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2023.

Dalam simulasi tiga nama calon presiden, Ganjar yang merupakan bakal capres PDIP mampu mengungguli Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan

Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 34,1 persen. Sementara, Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas sebesar 31,3 persen.

"Meski demikian, suara Ganjar dan Prabowo belum bisa dikatakan berbeda secara signifikan alias masih bersaing ketat," tulis Litbang Kompas.

Sedangkan, Anies Baswedan jauh tertinggal dengan elektabilitas sebesar 19,2 persen. Masih ada 15,4 persen responden yang memilih tidak menjawab atau rahasia.

Survei ini dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023, melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia dengan margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,65 persen.