Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penganiayaan dan Pengerusakan Kantor Distrik Kramomongga
Kapolresta Fakfak, Papua Barat, AKBP Hendriyana (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Distrik Kramomongga Darson Hegemur ditemukan tewas mengenaskan dengan luka parah di seluruh tubuhnya. Tak hanya itu Kantor Distrik Kramomongga di Kabupatenn Fakfak juga dibakar sekelompok orang tak dikenal pada pukul 24.00 WIT.

Tokoh masyarakat di distrik Kramomongga Nasser Pagessa mengatakan saat peristiwa terjadi warga distrik sedang berada di pusat kota Fakfak untuk merayakan kirab merah putih untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan (HUT) Indonesia ke-78.

"Kepala distrik Kramomongga yang bernama Darson Hegemur itu datang dari pusat kota bersama staffnya ke kantor distrik dengan membawa logistik untuk persiapan upacara bendera. Dia diduga dikeroyok oleh 25 orang namun kata polisi yang menghabisi nyawanya Pak Darson itu ada 5 orang," kata Nasser Pagessa saat dihubungi VOI melalui sambungan telepon, 16 Agustus.

Dugaan adanya serangan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) disebutkan Nasser tidak benar. Nasser menyebutkan dugaan motif pembunuhan itu disebabkan adanya penyelewengan dana desa.

"Bukan karena KKB melainkan adanya dugaan penyelewengan dana desa yang dilakukan oleh keluarga korban. Jenazah saat ini masih berada di rumah duka di Jalan Cendrawasih Puncak Kabupaten Fakfak. Saat ini belum dimakamkan karena ada beberapa tubuhnya yang dijahit untuk dirapatkan kembali sebelum dikebumikan," kata Nasser Pagessa.

Ketua ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Fak-fak Aslan Bukhori menegaskan peristiwa pembunuhan yang dialami Darson murni konflik keluarga akibat pennggelapan dana kampung (desa).

"Tidak benar karena KKB, saya tegaskan berdasarkan informasi dari kawan-kawan intel Korem dan Polresta Fakfak hal peristiwa berdarah semalam itu murni akibat konflik keluarga. Penyebabnya dikarenakan Darson melaporkan adanya penyelewengan dana kampung atau desa yang begitu besar ke Polresta Fakfak," kata Ketua Pemuda Pancasila Aslan Bukhori.

Sementara itu saat dihubungi Kapolresta Fakfak AKBP Hendriyana menegaskan pihaknya telah mengantongi identitas para pelaku pengerusakan kantor distrik di Kramomongga.

"Kami sudah mengantongi identitas pelaku yang melakukan pembakarann dan pengerusakan di kantor distrik tersebut. Semoga dalam waktu dekat akan kami kabarkan kepada kawan-kawan jurnalis,"katanya.