Jelang HUT ke-78 RI, Pemrov Papua Imbau Warganya Mulai Kibarkan Bendera Merah Putih
Ilustrasi bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Unsplash)

Bagikan:

PAPUA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Papua mengimbau seluruh warga di Papua mulai mengibarkan bendera Merah Putih jelang HUT ke-78 RI.

"Mengibarkan bendera Merah Putih ini sebagai tanggung jawab seluruh masyarakat di tanah Papua," kata Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun di Jayapura, Papua, Minggu 30 Juli, disitat Antara.

Selain pemasangan bendera, Ridwan juga mengimbau warga memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan HUT ke-78 RI sehingga semangat kemerdekaan benar-benar terasa di Bumi Cenderawasih.

"Kami juga akan memusatkan agenda pencanangan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Jembatan Merah Holtekamp, Kota Jayapura, Rabu (2 Agustus) mendatang," tuturnya.

Pencanangan tersebut melibatkan 1.500 orang yang terdiri dari ASN, TNI, Polri, pemuda, pelajar, paguyuban dan unsur lainnya yang akan ditandai dengan pelepasan balon, pembersihan garis Pantai Holltekamp dan penanaman mangrove.

"Dengan partisipasi masyarakat ini, kami harapkan suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini lebih meriah setelah dicabutnya status pandemi COVID-19," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk momentum peringatan detik-detik proklamasi pada perayaan upacara bendera dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura pada 17 Agustus 2023.

“Kami mengajak semua warga untuk bersama-sama datang dan menyaksikan momentum upacara bendera dan peringatan detik-detik proklamasi di Stadion Mandala Jayapura," tandasnya.