Kunjungi Pasukannya di Garis Depan, Presiden Zelensky Puji Kemajuan di Semua Sektor
Kunjungan Presiden Zelensky ke garis depan di wilayah Timur dan Selatan. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Volodymyr Zelensky memuji pasukan Ukraina karena telah membuat kemajuan "di semua sektor", setelah mengunjungi pasukannya di garis depan wilayah timur dan selatan sambil membagikan penghargaan pada Hari Senin.

"Hari ini di semua sektor, tentara kami membuat kemajuan. Ini adalah hari yang membahagiakan," kata Presiden Zelensky dalam pidato video malamnya, yang disampaikan dari sebuah kereta api setelah mengunjungi dua daerah garis depan, seperti melansir Reuters 27 Juni.

Kantor Presiden Zelensky mengunggah empat video perjalanan, menunjukkan setidaknya pertemuan di tiga lokasi.

Satu lokasi berada di wilayah Donetsk timur, sebuah titik fokus dalam konflik yang telah berlangsung selama 16 bulan ini. Satu lokasi lainnya berada di wilayah yang digambarkan sebagai sektor Berdiansk di selatan, serta satu lokasi lainnya juga berada di garis depan selatan, lebih jauh ke arah barat.

Dalam video terakhir, Presiden Zelensky mengatakan ia telah melihat "berbagai brigade, semuanya berbeda dan orang-orang yang benar-benar heroik.

"Berbeda-beda, tetapi dengan satu tujuan, kemenangan atas kaum rasis," katanya, dalam sebuah referensi yang menghina tentara Rusia.

Kunjungan ke wilayah Donetsk, menurut kantor presiden, melibatkan kelompok operasional-strategis Khortytsia, termasuk para prajurit yang telah bertempur melawan pasukan Rusia di sektor Bakhmut, di mana pertempuran berlangsung sengit.

Video pertama menunjukkan Presiden Zelensky menyerahkan penghargaan di sebuah lokasi yang dirahasiakan dan memeriksa peta bersama Komandan Pasukan Darat Ukraina Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi.

"Saya mendapat kehormatan untuk berada di sini hari ini, berbicara dengan komandan dan pertama-tama saya ucapkan terima kasih, terima kasih karena telah melindungi negara kita, kedaulatan, keluarga, anak-anak, Ukraina," ujar Presiden Zelensky.

Video kedua menunjukkan Ia berada di sebuah stasiun pengisian bahan bakar. Mengenakan kaos khaki militer khasnya, ia berdiri bersama para tentara yang sedang mengantre di sebuah konter dan berpose untuk foto bersama para tentara dan wanita yang bekerja di sana.

Dalam video ketiga, Presiden Zelensky memberikan penghargaan, berpose bersama tentara, dan sekali lagi memeriksa peta bersama para perwira. Ledakan keras bergema setidaknya dua kali selama video berlangsung.