Pemkab Sigi Sulteng Berikan Insentif Tambahan Bagi Guru-Nakes di Wilayah Terpencil dan Terjauh
Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Bagikan:

SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memberikan insentif tambahan bagi guru dan tenaga kesehatan yang menjalankan tugas pelayanan pendidikan dan kesehatan di wilayah terpencil dan terjauh.

"Iya, pemberian insentif ini sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah kepada guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah terpencil," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Antara, Selasa, 27 Juni. 

Insentif ini merupakan salah satu program prioritas yang diselenggarakan oleh Pemkab Sigi. Berdasarkan data, pada 2016-2020, Pemkab Sigi telah mengucurkan anggaran senilai Rp8 miliar lebih untuk insentif guru.

Kemudian, pada 2021, anggaran senilai Rp360 juta untuk 150 orang guru dikucurkan selama empat bulan. Pemkab Sigi juga memberikan kendaraan roda dua untuk menunjang kegiatan guru dalam memberikan pelayanan pendidikan di wilayah terpencil.

Data Pemkab Sigi menyebut sejak 2016-2020, sebanyak 67 unit kendaraan roda dua telah diserahkan kepada guru dengan anggaran senilai Rp1 miliar lebih.

Sementara insentif tenaga kesehatan, Pemkab Sigi telah mengucurkan anggaran senilai Rp7,5 miliar sejak tahun 2016-2020. Untuk tahun 2021-2022 telah tersalurkan insentif tenaga kesehatan sebesar Rp1,2 miliar.

Pemkab Sigi juga membangun rumah dinas dokter dan tenaga kesehatan yang sejak tahun 2016 - 2020 telah terbangun delapan rumah dinas di delapan kecamatan dengan anggaran sebesar Rp6 miliar lebih.

Selain itu, tenaga kesehatan juga mendapat bantuan kendaraan dinas roda dua bagi tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah terpencil.

Sejak 2016 - 2020 sebanyak 112 unit kendaraan dinas untuk nakes telah tersalurkan dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,3 miliar.