Inilah Negara dengan Belanja Militer Terbesar Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Ilustrasi kendaraan militer (Foto: Pixabay/YuryRymko)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa waktu lau, Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) atau Institut Penelitian dan Perdamaian Global, merilis daftar negara dengan belanja militer terbesar 2022.

Menurut catatan SIPRI, nilai anggaran belanja militer secara global mencetak rekor tertingginya pada 2022, yakni sebesar 2,24 triliun dolar Amerika Serikat. Angka tersebut meningkat 3,7 persen ketimbang tahun sebelumnya yang sebesar 2,17 triliun dolar AS.

Naiknya anggaran belanja militer global didorong oleh adanya invasi Rusia ke Ukraina. Kedua negara yang saling berkonflik tersebut mengalami peningkatan substansial dalam belanja militer mereka.

Dalam laporan SIPRI, anggaran belanja militer di Eropa naik 13 persen pada 2022, terbesar pasca perang dingin.

Faktor lain yang menyebabkan anggaran belanja militer global naik yakni, adanya peningkatan belanja militer di sebagian negara Asia dan Oseania.

3 Negara dengan Belanja Militer Terbesar

  1. Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat masih berada di posisi teratas dalam daftar negara dengan anggaran belanja militer terbesar secara global pada 2022.

Sepanjang Januari-Desember tahun lalu, Negeri Paman Sam telah merogoh kocek sebesar 877 miliar untuk anggaran belanja militer.

Oleh sebab itu, tak heran jika Amerika Serikat menjadi negara dengan kekuatan militer tersebesar sekaligus anggaran pertahanan termahal di dunia.

Berdasarkan laporan The International Institute for Strategic Studies (IISS), AS menggelontorkan anggaran pertahanan sebesar US$738 miliar pada 2020. Jumlah itu setara dengan Rp10,61 kuadriliun.

  1. China

Negara dengan anggaran belanja militer terbesar kedua adalah China. Menurut SIPRI, selama 2022 Negeri Tirai Bambu telah menghabiskan 292 miliar dolar AS untuk belanja militer.

Pada tahun ini, anggaran militer China dikabarkan menyentuh 1,55 triliun Yuan atau sekitar Rp3,432 triliun. China melakukan peningkatan anggaran militer guna mencegah adanya ancaman yang semakin meningkat.

  1. Rusia

Rusia meningkatkan anggaran belanja militernya pada 2022 menjadi 86,4 miliar dolar AS. Angka tersebut meningkat sekitar 30 persen ketimbang periode sebelumnya yang jumlahnya sebesar 65,9 miliar dolar AS.

Menurut catatan SIPRI, naiknya anggaran militer Rusia karena mereka sedang berkonflik dengan Ukraina.

8 Negara dengan Belanja Militer Terbesar

Selain ketiga negara di atas, terdapat sejumlah negara lain yang memiliki anggaran belanja militer terbesar secara global pada 2022.

Berikut delapan negara dengan anggaran belanja militer terbesar di dunia pada 2022 menurut SIPRI:

  1. Amerika Serikat: 877 miliar dolar AS
  2. China: 292 miliar dolar AS
  3. Rusia: US$86,4 miliar dolar AS
  4. India: 81,4 miliar dolar AS
  5. Arab Saudi: 75 miliar dolar AS
  6. Inggris: 68,5 miliar dolar AS
  7. Jerman: 55,8 miliar dolar AS
  8. Prancis: 53,6 miliar miliar dolar AS

Sementara itu, berdasarkan laporan SIPRI, anggaran belanja militer Indonesia pada 2022 mencapai 8,3 miliar dolar AS. Angka ini membuat Indonesia berada dalam peringkat ke-29 dalam daftar negara dengan belanja militer terbesar dunia.

Sekedar informasi tambahan, SIPRI adalah lembaga internasional independen yang didedikasikan untuk penelitian konflik, persenjataan, pengendalian senjata, dan perlucutan senjata. Didirikan pada tahun 1966, SIPRI menyediakan data, analisis, dan rekomendasi, berdasarkan sumber terbuka, kepada pembuat kebijakan, peneliti, media, dan publik yang berkepentingan. Berbasis di Stockholm, SIPRI secara teratur mendapat peringkat di antara lembaga think tank yang paling dihormati di seluruh dunia.

Demikian informasi tentang negara dengan belanja militer terbesar dunia. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.