Jarang Terjadi, Wanita Ini Lahirkan Bayi Kembar Lima Secara Normal di Usia Kandungan Tujuh Bulan
Ilustrasi. (Unsplash/Luma Pimentel)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita telah melahirkan lima bayi perempuan kembar yang sangat jarang terjadi, dengan kemungkinan besar hanya terjadi satu kali dari puluhan juta kelahiran.

Anita Kumari, wanita India berusia 27 ini melahirkan bayi-bayi perempuan ini di Institut Ilmu Kedokteran Rajendra di Negara Bagian Jharkhand timur pada Hari Senin.

Rumah sakit tempatnya melahirkan membuat pengumuman di Twitter bersama dengan foto bayi-bayi kembar tersebut.

"Seorang wanita dari Chatar telah melahirkan lima anak di departemen kebidanan dan ginekologi di RIMS. Bayi-bayi tersebut berada di bawah pengawasan dokter di (unit perawatan intensif neonatal). Persalinan yang sukses dilakukan di bawah kepemimpinan Dr Shashi Bala Singh," kata pihak rumah sakit, melansir The National News 24 Mei

Sebelumnya, para dokter melakukan USG dan menemukan wanita itu mengandung lima janin. Ia melahirkan secara alami pada usia kehamilan tujuh bulan.

Dr. Rajiv Mishra, seorang profesor di departemen neonatologi rumah sakit tersebut mengatakan, tiga dari bayi-bayi tersebut tetap diawasi di unit perawatan intensif neonatal rumah sakit itu. Sementara, dua bayi dipindahkan ke rumah sakit lain karena sumber daya yang terbatas.

"Bayi pertama, ketiga dan kelima ada bersama kami. Bayi pertama dan ketiga memiliki berat masing-masing 1,1 kilogram dan bayi kelima memiliki berat 750 gram. Mereka adalah bayi-bayi prematur," ungkap Dr. Mishra kepada The National.

Dua bayi lainnya masing-masing memiliki berat 900 gram.

Sementara itu, Dr. Kiran Shankar Das, asisten profesor di departemen neonatal mengatakan, bayi-bayi tersebut akan membutuhkan setidaknya 45 hari hingga dua bulan observasi.

"Mereka lahir pada usia kehamilan 27 minggu. Satu bayi menggunakan ventilator dan dua lainnya dalam keadaan stabil. Peluang kelangsungan hidup mereka adalah 50 persen hingga 60 persen," jelasnya.

Meskipun kembar, kembar tiga, kembar empat dan kembar lima telah menjadi lebih umum dengan perawatan IVF, Dr. Das mengatakan bahwa kali ini tidak demikian.

"Sang ibu menjalani perawatan kesuburan, ia menggunakan obat pemicu ovulasi, tetapi tidak menjalani program bayi tabung," ungkapnya.

"Ini adalah kasus pertama kembar lima yang lahir di rumah sakit. Kami melahirkan kembar empat beberapa bulan yang lalu di rumah sakit," katanya.

Diketahui, peluang untuk hamil kembar lima secara alami sangat jarang terjadi, sekitar satu dari 55 juta kelahiran. Namun, ada beberapa kasus kelahiran seperti itu di negara ini.

Pada tahun 2015, seorang wanita di Punjab utara melahirkan lima anak perempuan dalam waktu 10 menit.

Terpisah, seorang wanita berusia 25 tahun di Jaipur, Rajasthan barat juga melahirkan lima bayi, meskipun salah satunya kemudian meninggal dunia.