Gubernur Sulsel Prioritaskan Bangun 4 PSU Air Minum di Selayar
Prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) di Kepulauan Selayar, Sulsel. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memprioritaskan pembangunan empat program penyediaan prasarana, sarana, serta utilitas (PSU) air siap minum di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Tahun ini kembali akan dibangun PSU Arsinum (Air Siap Minum) di beberapa titik di kabupaten/kota di Sulsel, empat di antaranya di Selayar," kata dia di Makassar dikutip ANTARA, Minggu, 23 April.

Penyediaan empat PSU air siap minum di Kepulauan Selayar yang menjadi fokus Pemprov Sulsel untuk dilanjutkan pada 2023, yakni di Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate, Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Pada 2022, kata dia, telah dibangun 10 unit PSU air siap minum, dua di antaranya di Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah, Kabupaten Selayar.

"Alhamdulillah, masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat," katanya.

Program ini menjadi andalan Gubernur Andi Sudirman melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Sulsel.

Dia mengharapkan kehadiran program itu memberikan layanan air minum yang layak dan aman bagi masyarakat di kawasan kepulauan maupun pesisir.

"Semoga dengan adanya arsinum ini memberikan manfaat untuk masyarakat kita di kepulauan, sehingga dapat menikmati air minum layak dan aman, masyarakat bisa minum fresh water," katanya.