Terminal Pulo Gebang Sudah Angkut 3.200 Pemudik per Hari, Petugas Lakukan <i>Ramp Check</i> Bus
Terminal Pulo Gebang di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. (dok Terminal Pulo Gebang)

Bagikan:

JAKARTA - Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta melakukan inspeksi keselamatan kendaraan umum ramp check terhadap armada bus pada H-5 Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

"Untuk antisipasi otomatis kami sudah bekerja sama dengan penyedia-penyedia otobus untuk menyiapkan armadanya sebaik mungkin dengan prasyarat-prasyarat laik jalan yang harus dipenuhi," ujar Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang Emanuel Kristanto di Cakung, Jakarta Timur, Selasa 18 April, disitat Antara.

Dia menambahkan, prasyarat-prasyarat yang harus dipenuhi tersebut di antaranya bus harus lolos ramp check yang menyatakan kendaraan itu layak jalan

"Kami juga memiliki posko ramp check, sehingga jika ada kendaraan yang belum dicek dan diuji di ramp check maka kami akan lakukan ramp check tersebut di posko," katanya.

Jika kendaraan tersebut tidak lolos ramp check, pihaknya tidak akan merekomendasikan bus untuk jalan.

Emanuel mengatakan, kondisi Terminal Pulo Gebang sejak Senin 16 April terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari sebelum arus mudik Lebaran.

Dia menjelaskan, jumlah penumpang pada hari-hari sebelum masa mudik Lebaran 2023 berkisar antara 800 penumpang, namun saat ini sudah mencapai di angka 3.200 penumpang per hari yang diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang.

"Jadi kalau kita lihat ada kenaikan hampir 300 persen. kami dari unit pengelola (up) terminal terpadu Pulo Gebang siap melayani masyarakat, kapan pun masyarakat datang kami akan layani dengan menyediakan armada bus yang mencukupi," Katanya.

Sebelumnya, Emanuel menyatakan puncak arus mudik di terminal tersebut diprediksi akan berlangsung pada 18 dan 19 April, menyusul dimulainya cuti bersama Lebaran 2023.

Dia mengatakan, pemudik tidak perlu khawatir dengan arus puncak arus mudik tersebut. Emanuel memastikan pihaknya siap untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik.

Pihak Terminal Terpadu Pulo Gebang akan memperkuat anggota untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang