Bandara APT Pranoto Samarinda Tambah 16 Penerbangan, Didominasi Tujuan Yogyakarta hingga Jakarta
Ilustrasi situasi di bandara. (Antara)

Bagikan:

KALTIM - Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT) Samarinda menambah 16 penerbangan untuk mengantisipasi kepadatan saat puncak arus mudik Idulfitri 1444 Hijriah pada 19-20 April 2023.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara ( UPBU) Kelas 1 APT Pranoto, Agung Pracayanto menjelaskan, penerbangan ekstra ini masih didominasi rute penerbangan Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta.

"Extra flight sudah beroperasi mulai tanggal 11 April,"kata Agung di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa 18 April, disitat Antara.

Adapun saat ini maskapai yang paling banyak digunakan untuk mengangkut penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda adalah dari Lion Group, yakni ada Batik Air, Lion Air, dan Super Air Jet, serta Citilink.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya peningkatan arus penumpang, juga dilakukan pengecekan berkala sarana dan prasarana bandara, serta adanya rampcheck pesawat dari otorisasi bandara dalam upaya memenuhi standar penerbangan.

Pihaknya pun dari sisi udara telah melakukan rekonstruksi runway, menambah taxiway dan lampu runway. Sementara tahun ini ada garbarata, artinya APT Pranoto selalu berbenah.

Untuk meningkatkan frekuensi dan rute, Agung meminta warga masyarakat maupun Pegawai Negeri Sipil yang melakukan perjalanan yang menggunakan transportasi udara diharap terbang di Bandara APT Pranoto Samarinda.

"Karena kami dari Bandara APT Pranoto sudah berbenah, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan oleh warga Kaltim pada umumnya," pungkasnya.