Pemburu Nazi Ini Tak akan Berhenti Meski Tersangka yang Masih Ada Berusia Sepuh
Kamp konsentrasi Auschwitz Nazi. (Wikimedia Commons/pzk.net)

Bagikan:

JAKARTA - Pemburu Nazi kenamaan asal Jerman Thomas Will terus berharap mampu mendapatkan hukuman berat bagi pihak-pihak yang terkait dengan Holocaust, meski tersangka yang tersisa kebanyakan berusia akhir 90-an

Will mengatakan kepada Reuters, dia telah menyerahkan lima kasus kepada jaksa setempat di Jerman, yang diyakininya masih memiliki peluang untuk diadili.

"Pembunuhan tidak tunduk pada undang-undang pembatasan. Jadi selama pelaku masih hidup, kami akan mengejar kasusnya," kata Will dari kantornya di luar Stuttgart, barat daya Jerman, seperti mengutip Reuters 27 Januari.

Will mengepalai Kantor Pusat Otoritas Peradilan Negara Jerman untuk Investigasi Kejahatan Sosialis Nasional (Nazi).

Pada 2015, menteri kehakiman Jerman setuju badan itu harus tetap beroperasi "selama ada tugas penuntutan yang harus dipenuhi."

Will mengatakan pekerjaannya mengirimkan sinyal kepada siapa pun yang melakukan tindakan seperti itu hari ini, bahwa mereka tidak akan pernah lolos.

Saat orang-orang yang selamat dari Holocaust meninggal, ada kekhawatiran bahwa pengetahuan tentang genosida enam juta orang Yahudi Eropa di seluruh Eropa yang diduduki Jerman dapat menurun atau disangkal. Keyakinan yang berkelanjutan menyoroti kejahatan yang terjadi.

nazi
Kamp konsentrasi Sachsenhausen. (Wikimedia Commons/Bjoertvedt)

Sebuah survei yang diterbitkan pada Hari Rabu menunjukkan, hampir seperempat orang Belanda yang lahir setelah tahun 1980 percaya bahwa Holocaust adalah mitos atau bahwa jumlah korbannya terlalu dibesar-besarkan.

Di Israel, para penyintas Holocaust menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk merekam ingatan mereka bagi generasi mendatang.

Sejak didirikan pada tahun 1958, Kantor Pusat telah meluncurkan 7.694 investigasi terhadap kejahatan era Perang Dunia Kedua, beberapa melibatkan banyak tersangka, mendukung banyak dari 18.688 kasus yang diajukan ke pengadilan Jerman.

Jumat lalu, genap 78 tahun peringatan pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz dan Hari Peringatan Holocaust Internasional untuk menghormati jutaan korban. Hanya segelintir kasus yang masih beredar di Jerman.

Vonis bulan lalu terhadap seorang wanita berusia 97 tahun yang bekerja sebagai sekretaris kamp konsentrasi "pasti salah satu yang terakhir", kata Will.

Tapi lima kasus yang dia rujuk "masih bisa mengarah pada tuntutan. Jadi mungkin ini bukan keputusan akhir", katanya.

nazi
Kamp konsentrasi Auschwitz Nazi. (Unsplash/Karsten Winegeart)

Satu kasus dengan pihak berwenang di Coburg di Bavaria adalah seorang pria berusia 98 tahun. Jaksa mengatakan mereka sedang menyelidiki pria itu atas dugaan membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan, selama dia menjadi penjaga di kamp konsentrasi Ravensbrueck dari tahun 1943 hingga 1945.

"Saat ini, dia dianggap layak untuk diadili," kata juru bicara kejaksaan.

Tidak jelas apakah orang tersebut, jika terbukti bersalah, akan dihukum sebagai remaja atau dewasa karena usianya yang masih muda pada saat kejahatan yang dituduhkan.

Dalam kasus terpisah, pihak berwenang di Giessen, utara Frankfurt, sedang melakukan penyelidikan awal terhadap seorang pria berusia 98 tahun yang diduga bekerja sebagai penjaga di kamp konsentrasi Sachsenhausen, juga dari tahun 1943 hingga 1945.

Sementara di Hamburg, jaksa penuntut mengatakan mereka sedang menyelidiki seorang mantan marinir, kini berusia 96 tahun, yang diduga bekerja selama beberapa bulan pada tahun 1945 di sebuah kamp konsentrasi sebagai penjaga.

Will mengatakan, kantornya telah membuat katalog nama orang dan tempat menarik di lebih dari 1,7 juta kartu indeks. Kantor tersebut dikelilingi oleh tembok batu yang tinggi untuk keamanan.

Diketahui, perang Rusia dengan Ukraina telah memberikan rintangan lain untuk penyelidikannya. Perjalanan ke Moskow, yang memiliki dokumen asli Jerman dari kamp, tidak mungkin lagi dilakukan, katanya.

Dikatakan Will, organisasinya berencana menjadi pusat kenangan dan pendidikan. Sampai saat itu tiba, Will bersumpah untuk tetap melanjutkan pekerjaannya.