10 Wilayah di NTB Diminta Waspada! BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan
Sejumlah sepeda motor diguyur hujan di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA)

Bagikan:

PRAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada cuaca ekstrem yang akan terjadi di 10 wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB), selama tiga hari ke depan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Masyarakat harus waspada terhadap potensi curah hujan tinggi yang disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan di NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zainuddin Abdul Majid dikutip Antara, Rabu 18 Januari.

BMKG menyatakan peringatan dini curah hujan sedang hingga lebat pada tanggal 18 Januari diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

Pada Kamis 19 Januari potensi hujan diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

Sedangkan Jumat 20 Januari potensi hujan diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

"Prediksi hujan terjadi dari pagi hingga sore hari di sebagian wilayah NTB," katanya.

BMKG juga menyatakan potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor, dan banjir.

"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.