Kakek yang Hanyut Usai ke Kebun Bersama Cucu Ditemukan di Dasar Sungai Pohuwato Gorontalo
Ilustrasi tim SAR gabungan cari orang hilang. (Antara)

Bagikan:

GORONTALO - Tim SAR gabungan menemukan Onu Kunja (50), warga Desa Padengo, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, yang hanyut di sungai setempat. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo, I Made Junetra mengatakan, korban ditemukan berada di dasar sungai.

"Korban ditemukan setelah tim SAR gabungan penyelaman, sebelumnya tim melakukan penyisiran di permukaan menggunakan perahu karet dan penyisiran manual menyusuri sungai ke arah hilir sejauh kurang lebih satu kilometer," ucapnya di Gorontalo, Senin 9 Januari, disitat Antara.

Ia menjelaskan, usai korban dievakuasi, tim SAR gabungan langsung membawa ke pihak keluarga.

Sebelumnya, petugas komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo menerima informasi dari Kepala Desa Padengo, telah terjadi kondisi membahayakan warga terseret arus Sungai Desa Padengo.

Ia menceritakan kronologi kejadian, bermula saat korban bersama anak dan cucu nya menyeberangi sungai saat pulang dari kebun.

Saat itu, korban kehilangan keseimbangan dan terseret arus sungai.

"Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai, dan kepada unsur yang terlibat dalam operasi ini dikembalikan ke instansi masing-masing, dan kami ucapkan terima kasih," ucap I Made Junetra.

Operasi pencarian ini dilakukan oleh tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, TNI, Polri dan masyarakat sekitar. Mereka menggunakan perahu karet, alat selam, pelampung, dan satu unit truk untuk menyisir keberadaan korban.