Strategi Sandiaga Jabat Menparekraf: Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi
Sandiaga Uno (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sandiaga Salahuddin Uno memiliki tiga strategi yang bakal dilakukan ketika menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) saat pandemi COVID-19 melanda.

Pertama, Sandiaga akan mengadopsi strategi inovasi dengan menggunakan bantuan teknologi untuk memulihkan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Bisa menggunakan pendekatan-pendekatan big data, pendekatan kekinian, untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang," kata Sandiaga di Istana Merdeka, Selasa, 22 Desember.

Strategi kedua yang akan digunakan Sandiaga adalah strategi adaptasi. Sandiaga akan meneruskan program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

CHSE adalah pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

"Karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata, dan di setiap lini ekonomi kreatif. CHSE salah satunya," ungkapnya.

Selain itu, Sandiaga juga akan memperkuat kolaborasi dengan semua jajaran pemerintah, akademisi, universitas, serta masyarakat dan dunia usaha.

"Kita akan berkolaborasi dengan semua pihak Kementerian lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, akademisi, universitas, maupun juga masyarakat dan dunia usaha seperti teman-teman KADIN, HIPMI, PHRI dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor yang teramat sangat penting ini," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga Uno ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

“Yang kedua saya ingin mengenalkan tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Uno. Beliau dulu wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimipin kementerian pariwisatan dan ekonomi kreatif,” kata Jokowi mengenalkan menteri barunya di Istana Negara.

Selain Sandiaga, Jokowi juga menunjuk lima menteri baru dalam kabinetnya mereka adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.