Kapolda Papua Pastikan TNI-Polri Siaga di Daerah Rawan Jelang HUT ke-77 RI
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri meminta anggota TNI-Polri yang bertugas di daerah rawan bersiaga menjelang HUT ke-77 RI.

Para kapolres juga sudah diminta waspada dan siaga serta meminta masyarakat untuk membatasi aktivitas terutama ke kawasan yang dianggap rawan dan jauh dari jangkauan aparat keamanan.

Ada pun daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan, yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Intan Jaya, Puncak Nduga, dan Puncak Jaya.

Irjen Fakhiri menjelaskan, sejumlah pejabat yakni Karoops, Dirintel, dan Dansat Brimob Polda Papua ditugaskan memantau pelaksanaan HUT Ke-77 RI di seluruh Papua.

"Mudah-mudahan tidak ada gangguan keamanan dan pelaksanaan HUT Ke-77 RI berlangsung aman," kata Kapolda Papua dilansir ANTARA, Senin, 15 Agustus. 

Saatt ditanya kondisi di Kabupaten Nduga setelah kasus pembantaian yang menewaskan 11 warga sipil oleh KKB, Kapolda menyebut kondisinya saat ini relatif aman.

Dari laporan yang diterima KKB pimpinan Egianus Kogoya kini berada di kawasan Alaguru yang terletak di seberang sungai yang memisahkan dengan Kenyam.

Walaupun posisi KKB relatif jauh, namun pihaknya selalu mengingatkan anggota agar senantiasa waspada. “Mengingat bila lengah akan diserang,” kata Irjen Fakhiri.