Debat Pilkada Solo: Soal Disabilitas, Calon Independen Bajo Justru ‘Berharap’ Gibran Bisa Bikin Aksi Nyata
Debat Pilkada Solo (tangkapan layar Youtube metrotvnews)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wali kota Surakarta dari jalur independen Bagyo Wahyono meminta agar calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka merealisasikan janji untuk memastikan keberpihakan pada kaum disabilitas.

“Ini penting sekali, juga saya hanya mudah-mudahan apa yang disampaikan sama Mas Gibran itu betul-betul nyata. Istilahnya kita sering kita ketahui hal serupa, saya door to door mengalami seperti itu (menemukan kondisi itu, red). Mudah-mudahan bisa terlaksana nggih,” kata Bagyo saat diberi kesempatan berbicara program pro warga disabilitas dalam debat Pilkada Solo yang disiarkan KPU Solo bekerja sama dengan Metro TV, Jumat, 6 November. 

Tapi Bagyo yang berpasangan dengan calon wakil wali kota Solo, FX Supardjo memastikan bila terpilih di Pilkada Solo akan berpihak pada warga disabilitas. 

“Itu memang tugas Bajo, tangisan Bajo selama ini. Kalau Bajo pasti akan beri kesejahteraan,” tegas Bagyo.

Jawaban pasangan calon nomor urut dua ini menanggapi pertanyaan warga rusunawa Mojosongo, Solo, Didit Nugroho (43) yang video rekamannya diputar di arena debat Pilkada Solo. Didit Nugroho kesehariannya bekerja di bidang seni dan pijat. 

“Selama ini menurut saya tentang masalah kebijakan penyandang disabilitas terutama tunatera lahan pekerjaan terbatas, ada keterbatasan. Kami inginkan adanya keterbukaan antara kami penyandang cacat dengan pihak umum. Kebijakan aap yang anda tempuh khususnya difabel untuk masyarakat umum yang kurang mampu,” kata Didit dalam video taping (VT) yang diputar dalam debat Pilkada Solo dipandu presenter Metro TV Eva Wondo.

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bicara soal keberpihakan pada warga dengan ekonomi lemah.

“Prinsip saya dengan Pak Teguh makin terbawah, makin terpuruk, makin diprioritaskan kasusnya Pak Didit di tengah pandemi ini, kita harus melihat peluang  di tengah banyaknya mati sektor pariwisata. Ada satu sektor pariwisata yang kita kembangkan wellnes tourism, orang seperti Pak Didit bisa berpartisipasi, pemijat kami beri sertifikasi,” tutur Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa di Pilkada Solo ini.