Cakupan <i>Booster</i> Baru 36,92 Persen, Pemkot Tasikmalaya Siap Sinergi dengan Instansi untuk Vaksinasi
Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk booster. (Antaranews)

Bagikan:

JABAR - Pemerintah Kota Tasikmalaya terus menerjunkan tim kesehatan untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis 3 dengan sasaran kalangan masyarakat umum.

"Vaksinasi sekarang cukup meningkat dalam beberapa hari terakhir, beberapa instansi juga sudah menghubungi kami untuk pelaksanaan 'booster'," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra saat dihubungi, Rabu 13 Juli.

Laporan harian dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya terkait capaian vaksinasi tercatat dosis 1 mencapai 102,56 persen dari sasaran vaksinasi sebanyak 560.243 orang, ditambah adanya masyarakat dari luar daerah.

Selanjutnya capaian vaksinasi dosis 2 sebesar 81,61 persen atau sebanyak 457.212 jiwa, dan dosis 3 atau penguat sebesar 36,92 persen atau sebanyak 206.815 orang.

Pemkot Tasikmalaya, kata dia, siap menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin divaksin COVID-19.

"Artinya ada kebijakan dari pusat cukup dapat mendongkrak cakupan," ujarnya disitat Antara.

Ia mengungkapkan vaksinasi maupun tes usap bagi masyarakat akan terus dilakukan untuk mengatasi dan mencegah penularan wabah COVID-19 yang selama ini masih terjadi di Kota Tasikmalaya.

Laporan terakhir, kata dia, saat ini ada enam orang yang positif COVID-19 dan harus menjalani perawatan medis di rumah sakit.

"Memang terjadi penambahan, itu hasil tes 'swab' pasien yang sebelumnya dirawat, saat dites hasilnya positif, sekarang ada enam orang dirawat," tuturnya.

Ia menambahkan Pemkot Tasikmalaya juga saat ini memperketat penerapan sistem aplikasi PeduliLindungi di setiap ruang publik untuk mendorong agar masyarakat mau divaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tentu ini akan menjadi masukan untuk satgas untuk memperketat penggunaan PeduliLindungi," tandasnya.