Tetsuya Yamagami Bisa 2 Kali Menembak dengan Bebas, Metode Pengamanan Shinzo Abe Kini Dipertanyakan
Tangkap layar dari Video Asahi Shimbun

Bagikan:

JAKARTA - Publik mempertanyakan detail operasi pengamanan Shinzo Abe saat menyampaikan pidato tunggul di Prefektur Nara. Pria bersenjata bisa leluasa mendekati Abe hingga melepas dua kali tembakan.

Dengan tenang, Tetsuya Yamagami berjalan dari arah belakang Shinzo Abe yang sedang berpidato. Tak ada yang coba menghambat atau bahkan mencegah dia untuk semakin mendekat.

Padahal Tetsuya Yamagami membawa senjata rakitan. Benar saja, dia melepas tembakan pertama yang tampaknya meleset dari target Abe. Tapi tembakan berikutnya fatal hingga menghilangkan nyawa bekas PM Jepang tersebut.

Dilansir dari Asahi Shimbun, tim pengamanan Abe terdiri dari petugas polisi prefektur Nara dan pengawal yang dikirim dari Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Acara kampanye yang menampilkan Abe diputuskan dalam waktu singkat. Sedangkan rancangan rencana keamanan disusun pada malam 7 Juli.

Tomoaki Onizuka, kepala polisi prefektur Nara memeriksa dan menyetujui rencana tersebut pada pagi hari tanggal 8 Juli.

Foto dijadikan tangkap layar dan diambil dari Asahi Shimbun

“Tidak ada modifikasi, dan saya merasa nyaman dengan rencana itu,” katanya.

Onizuka ditanya apakah polisi dan yang lainnya bereaksi terlalu lambat setelah tembakan pertama dilepaskan.

"Saya telah melihat beberapa rekaman, termasuk rekaman kamera keamanan," katanya.

"Saya akan benar-benar memeriksa apakah rencana keamanan itu cukup untuk menanggapi suara tembakan."

Seorang pejabat senior Badan Kepolisian Nasional (NPA) menolak untuk membocorkan rincian langkah-langkah keamanan yang ada.

Tetapi pejabat itu mengatakan polisi melakukan tugas itu dengan mengingat bahwa "keadaan darurat selalu memungkinkan."

Menjaga keamanan politisi selama kampanye pemilihan selalu merupakan tantangan yang menakutkan, pejabat itu mengakui, mencatat bahwa polisi berusaha menjaga jarak yang wajar dari masyarakat meskipun mereka sering ingin berinteraksi dengan orang yang memberikan pidato.

Toshihiko Matsumaru, mantan anggota MPD dan konsultan senior di Konsultan Keamanan Ohkoshi, mempertanyakan cara penjaga keamanan seharusnya melindungi punggung Abe.

Setelah memeriksa berbagai tayangan TV tentang serangan itu, Matsumaru mengatakan tidak ada petugas yang tampak mengawasi kerumunan di belakang Abe.

"Apakah petugas ditempatkan untuk menjaganya dari belakang harus diselidiki," katanya.

Matsumaru mengatakan pengawal secara rutin dilatih untuk melindungi orang yang menjadi tanggung jawabnya dengan mendorong individu tersebut ke tanah dan menggunakan tubuh mereka sendiri untuk perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak wajar.

Tayangan TV menangkap setidaknya dua tembakan, tampaknya dengan senjata rakitan. Menurut Matsumaru, tindakan petugas polisi yang paling dekat dengan Abe setelah tembakan meletus patut dipertanyakan.