Buya Syafii Maarif Wafat, JK: Beliau Banyak Berjasa di Organisasi Muhammadiyah dan Masyarakat
Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla turut berduka atas meninggalnya tokoh dan cendekiawan Islam, Buya Syafii Maarif.

Jusuf Kalla mengatakan Buya Syafii telah banyak berkontribusi bagi masyarakat dan organisasi Muhammadiyah. JK mengajak semua pihak mendoakannya.

"Beliau telah banyak berjasa baik di organisasi Muhammadiyah dan seluruh masyarakat. Karena itu kita mendoakan supaya beliau mendapat tempat yang sangat tinggi di sisi-Nya dan juga mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan dapat rahmat dari Allah," kata Jusuf Kalla dalam keterangan video kepada wartawan, Jumat, 27 Mei.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 ini mengatakan, meninggalnya Buya Syafii adalah kehilangan bagi bangsa.

"Karena beliau selalu memikirkan bukan hanya dirinya tapi bangsa yang selalu menjadi pikiran keresahan beliau," tegas Jusuf Kalla.

"Mudah-mudahan seluruh bangsa mendoakan beliau dan insyaallah, kita semua juga akan memberikan dorongan semangat agar cita-cita daripada almarhum itu dapat dicapai oleh bangsa ini," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Buya Syafii meninggal dunia pada usia 86 tahun. Dia menghembuskan nafas di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

"Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat, 27 Mei 2022, pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," ujar Haedar dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Mei.

Terkait pemakaman Buya Syafii, Haedar Nasir belum menyampaikan lebih lanjut. Dia meminta masyarakat mendoakan almarhum dan memaafkan kesalahan beliau selama hidupnya.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im," tutur Haedar.