BMKG Waspadai Potensi Hujan Lebat Sepekan Mendatang di Indonesia
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat yang akan terjadi selama satu pekan mendatang di berbagai daerah di Indonesia.

"Dalam periode sepekan ke depan, akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya, Minggu, 18 Oktober.

Guswanto mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Adapun faktor yang menyebabkan peningkatan curah hujan dalam sepekan ke depan adalah fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang. 

Pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer menunjukkan bahwa suhu permukaan laut mendingin -0.5C hingga -1.5C selama 70 hari terakhir, diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat. 

"Bagi Indonesia, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah serta tidak seragam," ujar dia.

Faktor lain yang meningkatkan curah hujan di Indonesia adalah penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang Madden Julian Oscillation (MJO) dan Kelvin, atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby. 

Analisis BMKG, kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia, yang merupakan kumpulan awan berpotensi hujan. 

"Aktifitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," ungkap Guswanto.

Berikut adalah wilayah yang akan mengalami hujan dengan intensitas lebat pada periode 18 OKtober hingga 24 Oktober 2020:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Jambi
  6. Bengkulu
  7. Sumatera Selatan
  8. Kep. Bangka Belitung
  9. Lampung
  10. Banten
  11. DKI Jakarta
  12. Jawa Barat
  13. Jawa Tengah
  14. DI Yogyakarta
  15. Jawa Timur
  16. Bali
  17. Nusa Tenggara Barat
  18. Kalimantan Barat
  19. Kalimantan Utara
  20. Kalimantan Timur
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Selatan
  23. Sulawesi Utara
  24. Sulawesi Barat
  25. Sulawesi Tengah
  26. Sulawesi Selatan
  27. Maluku Utara
  28. Papua Barat
  29. Papua