Pilpres 2024 Diprediksi Bakal Diisi 3 Poros Koalisi
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, memprediksi akan ada tiga poros koalisi atau minimal tiga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Poros koalisi pertama yakni Koalisi Indonesia Bersatu. Dengan catatan koalisi yang digagas Golkar, PAN dan PPP itu tetap konsisten. 

Poros kedua diprediksi bakal diinisiasi oleh Partai NasDem yang kemungkinan akan menggandeng Partai Demokrat dan PKS. Sedangkan poros ketiga, diprediksi akan dipimpin oleh PDIP yang akan merangkul Gerindra.

"PDI Perjuangan saya kira akan tetap berkoalisi, meskipun secara syarat administrasi telah memenuhi jika mereka akan mengusung pasangan sendiri," ujar Arif dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Mei.

"Jika tidak berkoalisi, PDI Perjuangan akan kerepotan terkait dengan figur yang akan dicalonkan dan juga tantangan di Parlemen di kemudian hari," sambung Arif.

Sementara soal posisi PKB, Arif menilai partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu belum memperlihatkan arah politiknya. Namun, dia memprediksi PKB akan bergabung dengan koalisi bentukan PDIP dan Gerindra.

"Kecenderungan PKB akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Soal figur capres dan cawapresnya tentunya akan dapat terlihat seiring lobi politik. Sebab di ketiga parpol ini semua berkeinginan maju, seperti Puan Maharani, Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar," jelas Arif.