Penjabat Gubernur Sulbar Harap Bhabinkamtibmas Tingkatkan Keamanan
Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik/Foto: Antara

Bagikan:

MAMUJU - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik berharap Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polri meningkatkan keamanan daerah setempat.

"Pemerintah provinsi berharap agar Bhabinkamtibmas yang tersebar diseluruh desa dan kelurahan dapat meningkatkan peran dalam bertugas untuk meningkatkan keamanan daerah," kata Akmal Malik pada rapat koordinasi Bhabinkamtibmas di Mamuju, Kamis 19 Mei.

Ia mengatakan, Bhabinkamtibmas diminta untuk membantu pemerintah di Sulbar menjaga keamanan daerah demi keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan.

"Pemerintah juga ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah namun itu hanya bisa dicapai apabila tercipta stabilitas keamanan di Sulbar," katanya dikutip Antara.

Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas diharapkan agar dapat menjadi garda terdepan Kepolisian di tingkat desa dapat berperan aktif menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Kapolda Sulbar, Irjen Polisi Verdianto Iskandae Bitticaca mengatakan, peran Bhabinkamtibmas merupakan fungsi terdepan Kepolisian dalam melaksanakan tugas secara Pre-emtif dan Preventif dalam kompleksitas dan dinamika kehidupan masyarakat.

Ia menyampaikan situasi Kamtibmas di Sulbar cenderung aman dan kondusif berkat peran aktif Bhabinkamtibmas yang melakukan penyuluhan.

"Bhabinkamtibmas melakukan komunikasi melalui door to door maupun Focus Group discusion kepada elemen masyarakat seperti tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat sehingga permasalahan yang timbul bisa di selesaikan secara musyawarah," katanya.

"Peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Kepolisian sangat penting dalam upaya dalam mewujudkan dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga profesionalisme dan perilaku Personil dilapangan akan terus ditingkatkan," katanya.