Besok, Tito Karnavian Bakal Lantik Dirjen Otda Akmal Malik Jadi Pj Gubernur Sulawesi Barat
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik bakal dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat. Pelantikan ini rencananya akan dilakukan di kantor Kemendagri pada Kamis, 12 Mei besok.

Kabar tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Mendagri Tito Karnavian, Kastorius Sinaga.

"Benar. Rencananya besok Kamis, 12 Mei jam 08.00 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri," kata Kastorius kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Mei.

Selain Akmal, ada empat penjabat gubernur lain yang bakal dilantik Tito pada hari yang sama. Mereka adalah:

1. Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar yang menjadi Pj Gubernur Banten

2. Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin yang menjadi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

3. Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer yang bakal dilantik menjadi Pj Gubernur Gorontalo

4. Komjen (Purn.) Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

"Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik 5 Pj Gubernur," ungkap Kastorius.

Sebagai informasi, ada 272 kepala daerah di Indonesia bakal habis masa jabatannya dalam waktu dekat. Nantinya, mereka akan digantikan oleh penjabat hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal dilaksanakan pada 2024.

Terkait pengisian jabatan ini, Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah transparan saat memilih penjabat kepala daerah. Puan juga mendorong proses seleksi melibatkan partisipasi publik.

Hal tersebut disampaikan Puan merespons 101 daerah yang akan diisi oleh penjabat kepala daerah pada 2022.

“Siapkan sarana yang memadai apabila masyarakat hendak memberi masukan dan lakukan penyaringan secara terukur dan terbebas dari kepentingan politik,” kata Puan.