Kuota Mudik Gratis Pemprov DKI Penuh, Dishub Sebut Masih Ada Peluang Sisa Kursi
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kuota mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI saat ini telah penuh. Hal ini terlihat dalam situs www.mudikgratisdkijakarta.id. Dari 11.680 kursi bus untuk arus mudik yang disediakan, kini tersisa 0 unit.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Yayat Sudrajat menuturkan saat ini warga memang sudah tidak lagi mendaftar mudik gratis.

Namun, Yayat menuturkan masih ada peluang kuota mudik gratis tersebut kembali tersisa. Sebab, Dishub DKI tengah melakukan verifikasi data peserta mudik dan ada kemungkinan peserta mengisi data berkali-kali.

"Kami masih melakukan verifikasi, takutnya kejadian ada beberapa yang double. Misalnya bapaknya daftar, anaknya juga daftar. Karena itu, kita lagi verifikasi, mumpung masih ada waktu," kata Yayat saat dihubungi, Jumat, 22 April.

Yayat mengatakan, pengisian data peserta secara double bisa terjadi karena satu orang bisa mengisi data satu keluarga yang akan melaksaakan mudik. Ditambah, kondisi pendaftaran lewat situs web sering kali eror, sehingga pendaftaran dilakukan berkali-kali.

Nantinya setelah verifikasi, Yayat menyebut Pemprov DKI akan kembali mengumumkan jika kuota mudik gratis kembali tersedia. Namun, kuota yang awalnya disediakan tak akan dilakukan penambahan.

"Nanti jika ada double kan masih ada waktu umumkan lagi ke masyarakat bahwa kuota masih tersedia," tuturnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik gratis pada tahun ini. Pemprov DKI menyiapkan kuota 19.680 peserta mudik gratis dengan rincian 11.480 mudik dan 8.000 arus balik.

Pemprov DKI menyediakan 17 lokasi tujuan yang tersebar ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Palembang dengan keberangkatan bus penumpang dari terminal Pulogebang dan keberangkatan truk sepeda motor dari Terminal Pulogadung.

Dilihat dalam akun Instagram dkijakarta, mudik gratis ini diutamakan bagi warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta, warga yang sudah vaksin dosis ketiga (booster), dan warga yang perjalanan pergi dan kembali ke DKI Jakarta.

Pendaftaran mudik gratis telah bisa dilakukan secara online pada website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp di nomor 081231885758.