Vaksinasi Booster di Aceh Barat Terkendala Stok Vaksin Kosong
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

MEULABOH - Stok vaksin COVID-19 di sejumlah fasilitas kesehatan dan gudang di Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat masih kosong sehingga  masyarakat terkendala untuk mendapatkan vaksinasi booster.

“Sejauh ini masih kosong, kami masih menunggu pengiriman dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh dilansir Antara, Selasa, 5 April.

Dia menjelaskan, hingga Selasa malam, stok vaksin COVID-19 yang tersedia di Kabupaten Aceh Barat sebanyak 168 dosis saja, diantaranya 132 dosis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Stok vaksin di RSUD Meulaboh ini jenisnya Pfizer,” kata Syarifah Junaidah.

Sedangkan stok vaksin COVID-19 yang ada di Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Teuku Umar Meulaboh, kata dia, sebanyak 36 dosis jenis Sinovac.

Syarifah Junaidah juga menambahkan saat ini stok vaksin di gudang milik Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat juga dalam keadaan kosong, setelah sebagian besar stok vaksin didistribusikan ke masyarakat melalui program vaksinasi.

Akibat kosongnya vaksin tersebut, pelaksanaan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat untuk sementara belum bisa dilakukan.

“Kami meminta masyarakat agar bersabar, jika vaksinnya sudah tiba, maka penyuntikan vaksin kembali dilanjutkan,” kata Syarifah Junaidah.